7 Tips Buat Anak Suka Dengan Bulan Ramadan Dan Segala Ibadah Di Dalamnya

123 views Leave a comment
7 Tips Buat Anak Suka Dengan Bulan Ramadan Dan Segala Ibadah Di Dalamnya

Dailymoslem – Mengajari anak berpuasa barangkali menjadi salah satu hal yang memerlukan kesabaran dan kreatifitas yang cukup tinggi. Anak-anak yang memang belum paham tentang kewajiban puasa, pasti akan ogah-ogahan saat dituntut untuk tidak makan dan minum seharian. Alhasil mereka akan merengek bahkan tantrum ketika jam makan siang datang.

(Baca juga: Cara Mengajari Anak Berpuasa Ala Astrid Uya Kuya)

Cara mengatasinya tentu saja bukan dengan bertindak keras, memarahi bahkan memberikan sanksi yang berat melainkan melakukan cara cerdik agar si anak yang merasa senang dengan bulan Ramadan dan segala ibadah didalamnya.

Menjelaskan Ramadan dan Puasa dengan cara yang menyenangkan

Buatlah cerita yang menarik mengenai Ramadan dan kewajiban puasa bagi umat Islam. Dengan begitu, kesadaran anak akan pentingnya menjalankan ibadah puasa dapat tumbuh sejak dini. Selain itu, buatlah anak senang dengan hal-hal yang ada dibulan Ramadan seperti shalat terawih, buka puasa bersama dengan keluarga, menyiapkan makanan berbuka, membaca Al-Quran dan lain sebagainya.

Sediakan makan sahur dengan menu yang ia suka

Membangunkan anak sahur memang cukup sulit. Selain kebanyakan orang memang malas makan dipagi buta, anak-anak juga tidak terbiasa bangun sepagi itu. Sehingga sangat wajar, jika anak-anak yang baru belajar berpuasa akan menangis tidak mau ikut sahur. Jika sudah seperti itu, membopong anak ke ruang makan adalah cara yang cukup efektif.

Saat anak mulai sadar, tawarkan minum teh manis hangat sambil tetap menenangkannya. Setelah kesadarannya penuh, baru tawarkan makanan yang ia suka seperti nugget, sosis atau makanan lain yang biasanya membuat makan anak menjadi lahap.

Sabar mendengarkan keluh kesahnya

Menjalani puasa pertama kali memang akan terasa berat, bahkan untuk orang dewasa sekalipun puasa di hari pertama terasa sangat melelahkan. Bagi anak umur 6 tahun keatas yang sudah beberapa kali ikut berpuasa meski setengah hari, kita sebagai orang tua harus tetap memotivasinya agar dapat puasa hingga tamat. Bersabar mendengar keluh kesahnya menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan. Namun bagi anak-anak yang masih pertama kali belajar berpuasa, bisa berbuka di waktu dzuhur dan melanjutkan puasanya kembali hingga magrib.

Berikan hadiah atau reward saat anak berhasil

Saat anak berhasil menjalankan puasa hingga akhir, berikan reward agar anak semakin terpacu untuk melakukannya lagi di keesokan hari. Tidak perlu hadiah besar, cukup minuman kesukaannya yang dapat diminum setelah ia berhasil puasa hingga magrib. Hadiah yang lebih besar dapat diberikan setelah anak berhasil puasa sebulan penuh.

Sebisa mungkin perhatikan saat anak bermain di luar

Tidak semua keluarga menerapkan pendidikan yang sama dengan apa yang kita lakukan. Adakalanya, anak-anak sepermainannya bebas jajan ditengah hari saat bulan puasa. Hal ini yang membuat anak tergoda dan pasti ingin membatalkan puasanya, sebelum hal itu terjadi sebaiknya panggil anak untuk pulang dan sediakan permainan menarik yang bisa mengalihkan perhatiannya.

Jangan sungkan bersikap tegas

Bersikap tegas lho, bukan bersikap keras. Jadi, bukan dengan memukul atau memarahi anak tetapi dengan menerapkan aturan yang jelas untuk anak. Misalnya, jika anak ketahuan diam-diam menyeruput es atau mencomot beberapa makanan, anak tidak akan mendapatkan uang jajan atau tidak boleh bermain. Namun dengan syarat anak harus tetap meneruskan puasanya hingga magrib.

Sesekali ajak anak berbuka puasa dengan teman-temannya

Hal ini akan membuat anak menyukai puasa dan bulan Ramadan, ia akan merasa suka cita menyambut waktu berbuka puasa dengan teman-teman sebayanya. Selain itu, ajak juga anak untuk berbuka bersama anak-anak panti asuhan agar sifat sosialnya tumbuh dan pemahaman mengenai puasanya akan lebih baik.

Nah itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar anak senang menjalankan puasa di bulan Ramadan.

Baca juga:

Bingung, Inikah Waktu Yang Tepat Untuk Ajari Anak Berpuasa?

Bagaimana Caranya Mengetahui Anak Sudah Siap Diajak Berpuasa atau Belum?

(Visited 54 times, 1 visits today)