7 Hal yang Harus Dipenuhi Sebelum Membaca Al-Qur’an

790 views
lantern

Dailymoslem – Al-Qur’an merupakan pedoman dan petunjuk bagi umat muslim. Di dalamnya terdapat syariat-syariat dan ketentuan Allah untuk bekal kita menjalani hidup di dunia.

Membacanya tanpa tahu artinya saja kita bisa mendapat pahala dari setiap huruf dan kalimatnya, apalagi memahami isinya dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, sebelum kita membaca dan mengkaji Al-Qur’an, ada setidaknyaa tujuh poin yang harus kita penuhi dan pahami terlebih dulu.

Hati yang Bersih

Di dalam Al-Qur’an tertulis firman-firman yang diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Maka sebelum kita membaca ayat-ayat suci tersebut, ada baiknya kita membersihkan diri agar kita juga dapat menerima hidayah Allah melalui Qur’an.

(Baca juga: 9 Tips Mendidik Anak Agar Menjadi Seorang Hafidz Qur’an)

Tujuan Membaca Al-Qur’an

Sebelum membaca Qur’an, luruskan dulu niat kita untuk membacanya. Apakah karena disuruh orangtua? Atau karena ingin mendapat pujian dari orang lain? Luruskan niat membaca Al-Qur’an untuk mendapatkan petunjuk dan ridho Allah.

Kesiapan Hati Menerima Kebenaran, Pengetahuan dan Petunjuk

Di dalam Al-Qur’an juga tertulis syariat-syariat Islam, pengetahuan, petunjuk dan juga kebenaran. Maka sebelum membacanya, pastikan hati kita siap untuk menerima pengetahuan, petunjuk, kebenaran dan syariat-syariat Islam tersebut, yang mungkin belum kita jalani dalam kehidupan sehari-hari.

Kesiapan Mengubah Sikap dan Tingkah Laku

Bukan hanya membaca dan memahami, kita juga harus mengamalkan isi dari Al-Qur’an tersebut. Maka kita harus siap untuk mengubah sikap dan tingkah laku kita setelah kita menerima pengetahuan dan petunjuk dari Al-Qur’an.

Kesadaran untuk Mencari Perlindungan Kepada Allah

Sadarilah di dalam hati bahwa tujuan kita membaca Al-Qur’an adalah untuk medapat petunjuk dan mencari perlindungan kepada Allah.

Menyadari Rahmat Allah yang Tidak Terbatas

Pada saat membaca Qur’an, kita juga menemukan banyak pengetahuan yang akan membuat kita menyadari banyaknya rahmat Allah yang tidak terbatas yang sudah kita terima hingga saat ini.

(Baca juga: Merdunya Suara Raisa Andriani Lantunkan Ayat Suci Al-Qur’an)

Rasa Syukur Kepada Allah

Sebelum membaca Qur’an, tidak ada salahnya kita mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita hingga saat ini, bahwa Allah menganugerahi kita dengan iman Islam hingga kita bisa mengenal Al-Qur’an.

Subhanallah. Semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah dan diberkahi oleh rahmatNya. Aamiin.

(Visited 1,537 times, 2 visits today)