7 Cara Agar Tetap Mesra dengan Qur’an Meski Ramadhan Telah Lewat

196 views
Baca Dua Ayat Ini Setiap Malam Untuk Kelancaran Rezeki dan Kecukupan Dunia Akhirat

Dailymoslem – Saat Ramadhan datang, rasanya semua orang berlomba untuk mengkhatamkan Qur’an dalam satu bulan. Qur’an yang sudah berdebu di lemari kembali dibersihkan dan dibaca. Lalu setelah Ramadhan lewat, haruskah kita mengembalikannya lagi ke lemari dan membiarkannya berdebu hingga Ramadhan tahun depan?

Qur’an diturunkan Allah sebagai bekal manusia untuk menjalani hidup. Maka, bacalah Qur’an sebagai penerang hidupmu, bukan hanya sebagai penambah semarak bulan Ramadhan.

Terapkan tujuh cara berikut ini untuk tetap menjaga keterikatan dengan Qur’an meski Ramadhan telah lewat.

Anggap Setiap Bulan Seperti Bulan Ramadhan

Jika memang hanya Ramadhan yang bisa membuat kita ingin begitu dekat dengan Qur’an, maka cobalah anggap setiap bulan seperti bulan Ramadhan. Ingatlah saat kita begitu ingin meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an saat bulan Ramadhan.

(Baca juga: Merdunya Suara Raisa Andriani Lantunkan Ayat Suci Al-Qur’an)

Buat Target Bulanan

Agar langkahmu setiap hari untuk membaca Qur’an jadi lebih bersemangat, coba buat target yang harus kamu capai setiap bulannya, sama seperti kamu menerapkan target membaca Qur’an di bulan Ramadhan. Misalnya targetmua adalah menyelesaikan membaca Qur’an dan artinya sebanyak setengah juz dalam sebulan.

Tetapkan Schedule Membaca Qur’an

Menetapkan jadwal membaca Qur’an juga bisa membuat langkahmu jadi semakin teratur dan pasti. Kamu bisa menatapkan satu atau dua jam dalam sehari untuk membaca Qur’an, misalnya selepas sholat subuh dan maghrib. Mengorbankan dua jam dalam dua puluh empat jam untuk membekali diri dengan Al-Qur’an adalah hal yang pantas dilakukan, kok.

(Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Bertanya Tentang Wujud dan Asal Muasal Allah?)

Gunakan Waktu Luang untuk Membaca Qur’an

Selain waktu yang dijadwalkan, gunakan juga waktu luang sebisa mungkin untuk memabca Qur’an. Waktu luang ini bisa jadi menambah jam membaca Qur’an kamu atau mungkin membayar jatah lain di waktu yang sudah dijadwalkan tapi tidak bisa kamu lakukan karena halangan tertentu.

Pahami Isinya

Selain membaca murottalnya, penting juga bagi kita untuk memahami isinya. Selain agar bisa mengamalkan apa yang kita baca, membaca terjemahan Al-Qur’an juga pasti bisa membuat kita lebih semangat untuk terus mendalaminya. Banyak kisah-kisah dan petunjuk dalam Al-Qur’an yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam hidup kita.

Amalkan Apa yang Dipelajari dari Qur’an

Tentu saja kita harus mengamalkan apa yang kita pelajari dari Al-Qur’an karena itulah tujuan kita mempelajari Al-Qur’an. Dengan mengamalkannya, apa yang kita pelajari dari Al-Qur’an juga akan semakin mudah untuk kita ingat.

Berdo’a Kepada Allah

Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini akan terjadi dengan izin Allah, termasuk kemauan dalam diri kita. Maka berdoalah kepada Allah agar kita diberikan hati yang istiqomah untuk membaca dan mempelajari Al-Qur’an.

Semoga kita selalu termasuk ke dalam hambanya yang berlomba dalam kebaikan. Aamiin.

(Visited 206 times, 1 visits today)