5 Sunnah yang Dilakukan Nabi Muhammad saat Bangun Tidur di Pagi Hari

7581 views

Dailymoslem – Sebagai umat Islam, kita memiliki Nabi Muhammad sebagai panutan untuk menjalani hidup. Apalagi, Nabi Muhammad memiliki gaya hidup yang sehat, penuh kebaikan, penuh dengan kesederhanaan dan jauh dari ketamakan.

Dengan menjalani hidup seperti Nabi Muhammad menjalani hidup, insha Allah kita akan selalu berada dalam lindungan Allah dan dijauhkan dari godaan syaithan. Berikut ini 5 sunnah yang dilakukan Nabi Muhammad saat bangun tidur di pagi hari.

Membaca Do’a Bangun Tidur

Setiap pagi setelah bangun tidur, Nabi Muhammad mengucapkan doa yang sekarang kita kenal sebagai doa bangun tidur yang berbunyi:

Alhamdulillaahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihinnusyuur.

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia mewafatkan (menidurkan) kami, dan kepada-Nya kami dibangkitkan.” (HR. Al-Bukhari)

Mengusap Bekas Tidur yang Ada di Wajah dengan Tangan

Setelah berdo’a, Rasulullah juga memiliki kebiasaan mengusap bekas tidur yang ada di wajah dengan tangan. Imam an-Nawawi dan al-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa hal ini dianjurkan berdasarkan hadist Rasulullah Salllahu ‘Alaihi wa Salam:

 “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bangun tidur kemudian duduk sambil mengusap bekas tidur dari wajahnya dengan tangannya.” (HR. Muslim)

Baca juga: 4 Amalan Sebelum Tidur Sebagaimana Dianjurkan Rasulullah kepada Aisyah

 Menggosok Gigi

Beberapa orang beranggapan menggosok gigi setelah sarapan lebih baik daripada menggosok gigi setelah bangun tidur, dengan tujuan menghilangkan kotoran setelah sarapan. Namun, Rasulullah menganjurkan untuk menggosok gigi begitu bangun tidur, sebelum sarapan.

“Apabila Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak (gosok gigi).” (Muttafaq ‘alaih)

 Hal ini juga dibuktikan secara medis bahwa menggosok gigi saat bangun tidur lebih baik daripada menggosok gigi setelah sarapan. Drg. Robert Lessang, Sp. Perio mengatakan bahwa menggosok gigi lebih baik dilakukan saat bangun tidur daripada setelah sarapan, dengan tujuan untuk mencegah plak atau

“Sesudah sarapan pagi, pH di mulut turun sehingga risiko terjadinya abrasi atau pengikisan di gigi lebih tinggi. Sebaiknya jangan langsung menyikat gigi setelah makan, beri waktu setidaknya 25 menit,” ungkap drg Robert.

 Ber-istintsar

Instintsar adalah menghirup air melalui hidung kemudian mengeluarkan atau menyemburkannya. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Apabila seorang di antara kalian bangun tidur, maka beristintsarlah tiga kali, karena sesungguhnya syaitan bermalam di ujung (rongga) hidungnya.” (Muttafaq ‘alaih)

Ber-instintsar juga merupakan salah satu bagian dari wudhu, yaitu setelah kumur-kumur.

Baca Juga: 3 Jenis Olahraga yang Disukai Rasulullah

Mencuci kedua tangan tiga kali

Sama seperti berinstintsar, mencuci kedua tangan tiga kali juga merupakan salah satu bagian dari wudhu.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Apabila salah seorang kalian bangun tidur, janganlah memasukkan tangannya ke dalam bejana sebelum ia mencucinya tiga kali.” (Muttafaq ‘alaih)

Jika kita berwudhu saat bangun tidur, sama saja kita sudah melakukan sunnah untuk berintintsar dan mencuci tangan tiga kali. Jadi, sebaiknya setelah bangun tidur langsung berdoa, mengusap bekas tidur dengan tangan dan langsung berwudhu.

Insha Allah hidup kita akan selalu ada dalam lindungan Allah. Aamiin.

Baca Juga: 12 Makanan Kesukaan Rasulullah

(Visited 6,373 times, 14 visits today)