5 Kebaikan yang Bisa Didapat Dengan Membaca Al-Qur’an

974 views
Baca Dua Ayat Ini Setiap Malam Untuk Kelancaran Rezeki dan Kecukupan Dunia Akhirat

Dailymoslem – Bagi umat muslim, Al-Qur’an kitab yang menjadi pegangan untuk menjalani hidup di dunia hingga kiamat datang kelak. Semua yang ada di dalam Al-Qur’an akan berlaku hingga akhir zaman.

Oleh karena itu, membaca Qur’an harus menjadi kebiasaan yang alami dalam diri kita, agar kita dapat menghadapi berbagai ujian di dunia.

Berikut 5 kebaikan yang bisa kita dapatkan dengan membaca Al-Qur’an.

Mendapat Kebaikan dari Setiap Huruf yang Dibaca

Rasulullah saw bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu huruf kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Memberikan Kehormatan Bagi Kedua Orangtua

Nabi Muhammad saw bersabda maksudnya: “Siapa yang membaca Al-Qur’an dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (al-Qur’an).” (HR. Abu Daud).

(Baca juga: Inilah Kenapa Dalam Islam Nabi Muhammad Bukan Meninggal untuk Menebus Kesalahan Umat Muslim)

Mendapatkan Syafaat Di Hari Kiamat

“Bacalah Al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya.” (HR. Muslim)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang mendengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahayanya di hari kiamat.”

(Baca juga: Seorang Anak Penderita Autisme Asal Gaza Hafal Qur’an)

Mendapat Ketenangan

“Tidak berkumpul sauatu kaum di salah satu rumah Allah SWT, sedang mereka membaca kitab-Nya dan mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat, dan disanjungi oleh Allah di hadapan para makhluk dan di sisi-Nya.” (HR. Abu Dawud).

“…dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS.Ar-Ra’ad: 28).

sumber: www.onedayonejuz.org

(Visited 827 times, 1 visits today)