5 Hal yang Wajib Dipahami Seorang Muslimah Sejati

2593 views

Dailymoslem – Dalam Islam, perempuan memiliki berbagai tanggung jawab dan keistimewaan dari Allah. Islam juga memiliki banyak tokoh perempuan inspiratif yang pantas menjadi panutan.

Siti Maryam yang dianugerahi putera bernama Isa di tengah cemoohan orang sekitar, Aisyah yang melalui kepolosannya menjadi jalan bagi banyak wanita muslim mendapat ilmu tentang berbagai sunnah, Siti Sarah yang karena kegigihan dan kesabarannya menemukan air zam-zam yang menjadi air penyejuk di tengah tanah tandus, dan masih banyak lagi cerita tentang ketangguhan dan kelembutan wanita muslim.

Sebagai seorang muslimah sejati, ada lima hal yang harus kita pahami di dalam hati agar menjadi wanita muslim yang seutuhnya. Muslimah yang menjadi penyejuk bagi sekitar dan muslimah yang dicintai Allah. Subhanallah.

Tajwid Al-Qur’an serta Artinya

Perempuan akan menjadi guru yang paling utama bagia anaknya, maka ia harus paham tajwid Al-Qur’an sebelum mengamalka pada anaknya kelak. Dengan memahami isi dan arti Al-Qur’an juga perempuan akan mendapat jawaban dari berbagai pertanyaan hidup yang mungkin nanti akan ditanyakan anaknya yang polos.

 Hadist Nabi dan Tokoh Perempuan di Masa Nabi

Dengan mempelajari hadist nabi dan tokoh perempuan di masa Nabi maka akan menjadikan kita lebih tangguh lagi dalam menjalani hidup, juga membuat nilai-nilai Islam semakin tertanam dalam hati kita. Kita juga akan semakin bersyukur atas segala keistimewaan dan peran yang diberikan Allah kepada kita sebagai perempuan.

Fiqih Sebagai Dasar Agamanya

Penting bagi perempuan untuk memahami fiqih sebagai dasar agama, selain untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari juga untuk kemudian ditanamkan pada anak-anaknya kelak. Seorang Ibu akan menjadi orang pertama yang menanamkan dasar-dasar agama pada seorang anak.

Menjadi Jantungnya Keluarga

Dalam Islam, perempuan adalah jantungnya keluarga, yaitu sosok dalam keluarga yang bisa membuat suasana rumah menjadi riang dan menyenangkan. Jadilah perempuan yang mensyukuri semua yang dimilikinya tanpa banyak mengeluh, karena itulah yang akan menjadi kebahagiaan bagi suami dan anak-anak.

 Perannya Sebagai Perantara Makhluk Ciptaan Allah ke Bumi

Perempuan memiliki peranan yang penting dan istimewa dalam proses penciptaan manusia oleh Tuhan. Meski lelaki juga turut andil, tapi perempuan memiliki tubuh yang menjadi tempat tinggal sementara makhluk Tuhan sebelum turun ke bumi. Setelah itu, perempuan juga akan menjadi orang yang paling berpengaruh untuk membekali anak tersebut menghadapi dunia.

imam-ali-on-speaking-to-your-mother

 

sumber: mezora.co.id

(Visited 1,203 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]