5 Cara untuk Jadikan Bulan Ramadhan Tahun Ini Lebih Bermakna

616 views
syaban

Dailymoslem – Ramadhan demi Ramadhan terus berganti hingga di usia kita  yang sekarang ini. Dari semua Ramadhan yang sudah kita lalu, adakah Ramadhan yang paling bermakna dan paling kita maksimalkan?

Jika belum ada, inilah saatnya untuk memaksimalkan dan membuat Ramadhan tahun ini jauh lebih berarti daripada Ramadhan-Ramadhan sebelumnya. Untuk mendapatkannya, coba lakukan 5 hal berikut ini sepanjang Ramadhan tahun ini.

Sahur Lebih Sedikit

Sebelum masuk ke bulan Ramadhan, sebaiknya kita pahami esensi dari bulan Ramadhan itu sendiri. Bahwa pada bulan Ramadhan kita memfokuskan pada ibadah, bukan memasak. Bulan Ramadhan merupakan hadiah dari Allah untuk umat muslim. Di bulan ini singkirkan dulu keinginan tentang segala yang duniawi, kita berfokus pada ibadah.

Buka Puasa Lebih Sedikit

Setelah sahur yang sedikit, buka juga yang sedikit? Berpuasa di bulan Ramadhan bertujuan untuk melatih kita menahan nafsu dan turut merasakan rasa lapar mereka yang miskin, sehingga kita bisa merasakan kesusahan sesama. Jika kita masih gelap mata untuk makan segala sesuatu saat berbuka puasa, sudahkah kita belajar menahan nafsu dan bersabar dengan benar?

(Baca juga: Agar Di Ramadhan Ini Kamu Tidak Gagal Diet, Lakukan Hal-Hal Berikut Ini)

Kurangi Obrolan dan Sosialisasi Tidak Penting

Bulan Ramadhan juga biasanya dimanfaatkan untuk acara kumpul-kumpul seperti buka bersama yang umumnya menghabiskan waktu mulai dari sore hingga malam. Di Ramadhan kali ini, tidak ada salahnya kita sedikit mengurangi acara kumpul-kumpul tidak penting. Lebih baik difokuskan pada pengajian atau perkumpulan yang membuat kita lebih memahami tentang agama Islam. Kita harus bisa membedakan kumpul-kumpul untuk bersilaturahmi atau kumpul-kumpul untuk kesenangan yang semu.

Memahami Isi Al-Qur’an Lebih Dalam

Bulan Ramadhan juga merupakan bulan diturunkannya Al-Qur’an. Betapa indahnya jika di bulan yang penuh berkah ini kita menyentuh Al-Qur’an dan memahaminya seperti orang yang baru mengenal Al-Qur’an, kemudian kita mempelajarinya lagi dan menikmati lagi jatuh cinta pada Al-Qur’an dan Islam yang begitu indah.

(Baca juga: Persiapan Rohaniah untuk Sambut Ramadhan)

Sholat dan Berdoa dengan Lebih Sungguh-Sungguh

Bulan Ramadhan merupakan bulan training bagi umat muslim untuk beribadah dengan lebih sering dan lebih intim kepada Allah. Maka sebaiknya kita latih ketaqwaan dan keimanan kita di bulan Ramadhan ini agar kita mendapatkan ketaqwaan dan keimanan yang indah di bulan-bulan berikutnya. Karena sesungguhnya puasa itu sendiri dilakukan agar umat muslim bertaqwa.

Allah Subhanahu wa Ta’ala Berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

(Visited 538 times, 1 visits today)