3 Petuah Penting Bagi Kamu Yang Akan Jahit Baju Lebaran Sendiri

869 views
fi jahit

DailymoslemLebaran memang masih sangat jauh, bahkan bulan Ramadhannya saja belum tiba. Tapi, sudah banyak sekali orang yang bersiap membeli atau mempersiapkan baju lebaran dari sekarang. Alasannya adalah malas berdesakan jika harus membeli pakaian mendekati lebaran. Pasalnya, toko atau pasar yang menjual pakaian pasti sangat penuh saat itu.

Belum ditambah lagi dengan keterbatasan model pakaian atau size yang disediakan. Apalagi jika ukuran badan bukan seperti ukuran badan kebanyakan. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah menjahit pakaian lebaran sendiri. Tapi, tetap ada beberapa catatan yang harus di garis bawahi jika berniat menjahit sendiri (atau minta tolong tukang jahit).

Tentukan dulu model pakaian yang akan dibuat

design

Model pakaian seperti apa yang akan kamu buat? Apakah berbentuk dress, tunik, blouse, atasan dan bawahan atau sejenis burqa? Tentukan dahulu model seperti apa yang kira-kira sedang ‘in’ dan cocok di badan kamu. Model pakaian pun bisa menentukan kain apa yang akan kita gunakan.

Jika kamu mengalami kebingungan untuk menentukan model pakaian, kamu bisa loh nyontek dari majalah, brand favorit yang harganya selangit atau imajinasi kamu sendiri. Kemudian bicarakan pada tukang jahit yang kamu percaya, minta juga masukan untuk menyukseskan model yang kamu rancang.

Pilih kain dengan jenis, warna dan motif yang tepat

Niagara-Jogja-2-

Setelah mendapatkan model pakaian yang diinginkan, kamu bisa mulai mencari kain yang cocok untuk diaplikasikan. Pastikan warna dan motifnya memang cocok untuk kamu kenakan. Misalnya, jika kamu memiliki tubuh yang agak besar, hindari motif dengan gambar yang besar-besar dan pilihlah motif kecil.

Jenis kain juga harus kamu sesuaikan. Jika kamu memilih bahan chiffon untuk dijadikan rok pastikan kamu membeli kain untu dijadikan puring (dalamannya) agar tidak menerawang begitu saja.

Booking tukang jahit dari jauh-jauh hari

penjahit

Percaya deh, tukang jahit pun pasti akan kebanjiaran job di bulan Ramadhan ini. Jadi sebisa mungkin booking tukang jahit andalan kamu dari sekarang. Kalau tidak, ya nanti pesaann kamu tak akan jadi tepat pada waktunya. kalau bisa sih, dari satu bulan sebelumnya tapi ada kok beberapa penjahit yang masih membuka layanannya (belum overload). Jangan coba-coba baru pergi ketukang jahit lima hari sebelum lebaran jika kamu tak mau dilempar mesin jahit.

Pilih juga tukang jahit yang sudah terkenal kualitas jahitannya dan pasti banyak di rekomendasikan oleh orang lain. Berikan ‘tips’ lebih sebagai tunjangan hari raya agar tukang jahit siap sedia untuk menjahitkan pakaian lebaran mu dengan senang hati.

Pastikan deadline seminggu sebelum baju akan dikenakan

deadline

Penyakit tukang jahit adalah “besok bu, bajunya sedikit lagi selesai” dan itu akan terus dirapalkan setiap kali kita tanya. Nah, agar masalah itu tak terjadi tentukan deadline seminggu sebelum baju itu akan dikenakan. Jangan coba-coba tentukan deadline semalam sebelum lebaran. Kecuali jika si penjahit memang profesional dan memiliki timeline yang tepat untuk mengerjakan semua pesanannya.

Nah, itu beberapa tips yang harus kamu lakukan jika ingin membuat baju lebaran sendiri. Selamat menjelajah tukang kain dan tukang jahit.

 

(Visited 1,029 times, 1 visits today)