3 Penyakit Hati yang Menjadi Sumber Dosa

99 views Leave a comment
3 Penyakit Hati yang Menjadi Sumber Dosa

Dailymoslem – Segala sesuatu yang kita lakukan tentu tergantung pada niatan dalam hati kita. Hal yang diniatkan baik akan melahirkan kebaikan, tetapi hal yang datang dari penyakit hati hanya akan melahirkan kesusahan dan dosa.

Rasulullah SAW bersabda, “Tiga hal yang merupakan sumber segala dosa, hindarilah dan berhati-hatilah terhadap ketiganya. Hati-hati terhadap keangkuhan karena keangkuhan membuat Iblis enggan bersujud kepada Adam, dan hati-hatilah terhadap tamak (rakus) karena ketamakan mengantar Adam memakan buah terlarang, dan berhati-hatilah terhadap iri hati karena kedua anak Adam {Qabil dan Habil}, salah seorang di antaranya membunuh saudaranya akibat dorongan iri hati.” (HR. Ibnu Asakir melalui Ibnu Masud).

Dalam hadist tersebut, dapat kita simpulkan bahwa tiga penyakit hati tersebut adalah keangkuhan, tamak, dan juga iri hati.

Penyakit hati yang pertama, keangkuhan, akan membuat kita merasa kita selalu menjadi yang lebih baik dibanding orang lain, seringkali penyakit ini membuat kita tanpa sadar telah melukai orang lain. Allah SWT berfirman yang artinya:

“Tiada satu ucapan pun yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qaaf: 18).

Penyakit hati yang kedua, ketamakan atau sifat rakus yang membuat kita gelap mata mengejar segala sesuatu yang bersifat duniawi, sehingga kita lupa akan tujuan utama kita di dunia, yaitu untuk beribadah kepada Allah. 

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya:

“Padahal, mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agamayang lurus dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Al-Bayyinah: ayat 5).

Penyakit hati yang ketiga, iri hati, penyakit ini membuat kita merasa nasib orang lain selalu lebih baik dari nasib kita, sehingga menumbuhkan rasa benci di dalam hati terhadap orang tersebut. Penyakit ini akan membuat kita tidak bersyukur dengan apa yang kita miliki. Rasulullah SAW bersabda,

“Bertakwalah kepada Allah dimana saja kamu berada. Tutuplah keburukan itu dengan amal kebaikan, niscaya kebaikan tadi akan menghapus keburukan dan gaulilah manusia dengan akhlak yang baik.” (HR. Tirmidzi).

Sumber: halhalal.com.

(Visited 232 times, 1 visits today)