3 Kisah Perempuan Inspiratif dalam Islam untuk Rayakan Hari Perempuan Internasional

2052 views

Dailymoslem – Setiap tanggal 8 Maret diperingati masyarakat dunia sebagai Hari Perempuan Internasional. Dalam Islam sendiri, perempuan memiliki posisi yang istimewa. Bahkan salah satu surat dalam Al-Qur’an ada yang berjudul perempuan. Seorang perempuan harus cukup tangguh untuk mendidik dan membesarkan anaknya, juga harus cukup lembut untuk memberinya kasih sayang.

Meski begitu, peran perempuan tidak hanya terbatas di ruang domestik sebagai seorang ibu atau istri. Seiring perkembangan zaman, perempuan semakin banyak berperan di lingkungan sosial. Bukan hanya memasak dan mengurus anak, perempuan masa kini juga dapat mengembangkan diri melalui peran-peran dalam masyarakat dengan cara berkarir atau terlibat dalam berbagai aktivitas sosial.

Dalam sejarah Islam sendiri, peran perempuan yang berpengaruh telah ada bahkan jauh sejak zaman nabi. Kita memiliki banyak tokoh-tokoh perempuan yang inspiratif dan banyak berpengaruh dalam kehidupan sosial dan perkembangan Islam sendiri. Ada Maryam yang tidak menyerah untuk membesarkan Isa meski orang-orang mencibirnya, ada Siti Hajar yang juga tidak menyerah mencari mata air hingga mata airnya berguna untuk seluruh umat Muslim hingga kini, ada juga yang menenangkan Nabi Muhammad ‘alaihi wa Salam saat wahyu pertama mendatanginya.

Berikut ini tiga kisah perempuan kuat dalam sejarah Islam agar kita mengetahui bahwa dalam Islam, perempuan dapat berpengaruh dalam kehidupan sosial bahkan sejak zaman dahulu kala.

Next: Siti Maryam dan Putranya Isa

(Visited 1,914 times, 1 visits today)