3 Golongan Orang yang Akan Didahulukan untuk Dilemparkan Ke Neraka

1533 views

Dailymoslem – Kehidupan akhirat adalah misteri yang tidak dapat ditebak oleh siapapun. Meski begitu, Allah telah memberikan petunjuk agar kita bisa mencapai surga dan dijauhkan dari neraka, yaitu melaksanakan perintahNya dan menjauhi laranganNya.

Inilah 3 golongan orang yang akan didahulukan untuk dilemparkan ke neraka di akhirat kelak.

Orang Sholeh

Bagaimana mungkin orang sholeh menjadi golongan yang pertama dilemparkan ke neraka? Orang sholeh yang akan dilemparkan ke neraka ini adalah orang-orang sholeh yang melakukan ibadah dan kebaikan, juga menghafalkan ayat-ayat Allah hanya untuk mendapat pujian dari orang di sekitarnya. Ibadah dan kebaikan yang dilakukannya bukanlah untuk Allah, melainkan untuk kesombongan.

Orang yang Tidak Mengamalkan Ilmunya

Pada saat di dunia ia memiliki ilmu yang banyak yang bisa berguna untuk dirinya, tapi tidak mau menolong orang lain agar ilmu tersebut juga bisa berguna untuk orang lain. Pada saat di akhirat, ilmu yang tidak pernah dibaginya tersebut juga tidak akan beguna untuk menyelamatkan dirinya dari api neraka.

(Baca juga: 10 Dosa yang Disegerakan Azabnya Di Dunia)

Orang yang Suka Bersedekah

Sama seperti orang sholeh yang melakukan kebaikan dan beribadah untuk mendapatkan pujian dari manusia, mereka yang akan lebih dulu dilemaprkan ke neraka juga adalah mereka yang suka bersedekah, membelanjakan hartanya untuk fakir miskin, tapi mereka melakukannya semata-mata untuk mendapat pujian dari orang di sekitarnya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di Akhirat, kecuali Neraka dan lenyaplah di Akhirat apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Huud: 15-16)

Naudzubilahimindzalik. Semoga kita senantiasa menjadi makhluk-Nya yang dikaruniai ketulusan dan kerendahan hati. Aamiin.

(Baca juga: Kenapa Neraka Lebih Banyak Dihuni Perempuan Daripada Lelaki?)

(Visited 1,651 times, 3 visits today)