14 Waktu yang Baik untuk Berdoa Agar Dikabulkan

18698 views

Dailymoslem – Bagi seorang muslim, berdoa bukan saja sekedar meminta sesuatu pada Allah, tapi juga sebagai ciri bahwa kita adalah makhluk lemah yang tidak berdaya apa-apa kecuali atas izin Allah.

Maka kita berdoa kepada Allah agar merestui apa yang menjadi keinginan kita, karena sesungguhnya tiada sesuatupun di dunia ini yang terjadi tanpa izin Allah. Selain itu, berdoa juga dapat menghapuskan dosa.

“Wahai manusia, selagi engkau berdoa dan berharap kepada-Ku, aku mengampuni dosamu dan tidak aku pedulikan lagi dosamu” (HR. At Tirmidzi)

Sesungguhhnya, ada waktu-waktu tertentu yang baik dan mustajab, yang insha Allah akan dikabulkan oleh Allah jika kita berdoa di waktu-waktu tersebut. Berikut ini 14 waktu yang baik untuk berdoa agar dikabulkan oleh Allah:

Saat adzan berkumandang

Dari Sahl bin Saad, Rasulullah SAW bersabda, ”Ada dua yang tidak tertolak atau jarangtertolak: Doa pada saat adzan dan doa tatkala perang berkecamuk.” (HR. Abu Daud, Baihaqi, dan Hakim)

Doa di antara Adzan dan iqamah

Dari Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Doa antara adzan dan iqamah tidak ditolak, maka berdoalah kamu” (HR. Ahmad)

Sebelum Salam pada saat Shalat Wajib

Sebuah hadist meriwayatkan: “Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah? Beliau bersabda: “Diakhir malam dan di akhir shalat wajib” (HR. Tirmidzi, 3499)

Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam Zaadul Ma’ad (1/305) menjelaskan bahwa yang dimaksud ‘akhir shalat wajib’ adalah sebelum salam. Tetapi, tidak ada riwayat bahwa Nabi Shallallahu ’alaihi Wasallam dan para sahabat merutinkan berdoa meminta sesuatu setelah salam.

Di hari Rabu, antara Dzuhur dan Ashar

Sunnah ini belum diketahui oleh kebanyakan kaum muslimin, yaitu dikabulkannya doa di antara shalat Zhuhur dan Ashar dihari Rabu. Diceritakan oleh Jabir bin Abdillah Radhiallahu’anhu:

“Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam berdoa di Masjid Al Fath 3 kali, yaitu hari Senin, Selasa dan Rabu. Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu di antara dua shalat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau. Berkata Jabir : ‘Tidaklah suatu perkara penting yang berat pada saya kecuali saya memilih waktu ini untuk berdoa,dan saya mendapati dikabulkannya doa saya‘” “Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu di antara shalat Zhuhur dan Ashar” (HR. Ahmad, no. 14603, Al Haitsami dalam Majma Az Zawaid, 4/15, berkata: “Semua perawinya tsiqah”, juga dishahihkan Al Albani di Shahih At Targhib, 1185)

Saat Terbangun dari Tidur Pada Malam Hari Bagi Orang yang Sebelum Tidur dalam Keadaan Suci

Dari Amr bin Abasah bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat melainkan Allah akan mengabulkannya.” (HR. Ibnu Majah)

Next: Saat Berbuka Puasa Bagi Orang yang Berpuasa

(Visited 12,195 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]