10 Manfaat Luar Biasa Shalat Tahajud

337 views Leave a comment
10 Manfaat Luar Biasa Shalat Tahajud

Dailymoslem – Bagi umat Muslim, shalat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat besar manfaatnya. Bagaimana tidak, kita harus mengorbankan waktu untuk terlelap tidur di sepertiga malam yang sepi dan dingin, untuk bangun dan mengingat Allah. Maka, ganjarannya pun tak tanggung-tanggung.

Berikut ini 10 manfaat luar biasa dari shalat tahajud.

Menghapus Dosa dan Mencegah Perbuatan Dosa

Dengan beribadah dan selalu mengingat Allah, kita bisa memagari diri kita dari berbuat dosa. Bangun di sepertiga malam dan mendirikan shalat tahajud juga dosa-dosa kita akan terhapuskan. Inilah waktu yang paling tepat untuk mendekatkan diri dengan Allah sedekat-dekatnya, suasana malam yang sunyi dapat membuat kita semakin meresapi ibadah kita.

Tanda Ketaqwaannya Akan Tampak Di Wajah

Tanda ketaqwaan orang yang rajin shalat tahajud akan nampak di wajahnya, yaitu wajah yang bersinar karena selalu bangun dini hari dan membasuh wajah dengan air wudhu. Di sepertiga malam tersebut, kita bisa menghirup banyak oksigen yang masih segar saat terbangun, kemudian membasuh wajah dengan air yang masih segar. Tentu wajah juga akan menjadi segar dan bercahaya.

Memperlancar Aliran Darah

Selain untuk kesegaran wajah, oksigen bersih yang kita hirup di pagi hari juga dapat bermanfaat bagi kesehatan kita yang lainnya, yaitu memperlancar aliran darah. Paru-paru akan menghisap udara berseih di pagi hari. Hanya orang-orang yang rajin shala tahajudlah yang bisa merasakan indahnya nikmat Allah di pagi hari.

Membesarkan Rongga Paru-Paru

Gerakan sholat yang dilakukan di pagi hari ketika kita menghirup udara bersih juga dapat membuat organ paru-paru semakin sehat. Terutama gerakan takbiratul ihram saat kita brsedekap dan membuka rongga paru-paru lebih lebar. Gerakan ini dapat melancarkan aliran udara menuju paru-paru.

Dapat Tiket Masuk Surga

Rasulullah SAW bersabda:

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, salat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat”. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).

Menyegarkan Pikiran

Saat kita memulai hari dengan lebih awal, kita memiliki banyak waktu untuk menyiapkan diri di hari tersebut. Berbeda dengan mereka yang bangun siang dan selalu terburu-buru dalam menyiapkan segala sesuatu. Hasilnya, wajah kuyu dan lesu seharian, belum lagi kegiatan setiap hari yang selalu tidak produktif.

Mendapat Keringanan Di Akhir

Di hari akhir nanti, segala amalan dan dosa kita akan diperhitungkan untuk menentukan kemana kita akan melanjutkan hidup di akhirat, apakah di surga atau di neraka. Mereka yang rajin beribadah, terutama shalat tahajud, tentu memiliki tabungan yang dapat menyelamatkannya di hari akhir kelak.

Mendapat Cinta Allah

Tentu Allah juga akan melimpahkan kasih sayang dan keberkahannya pada mereka yang mengorbankan kesenangan duniawi demi beribadah, salah satunya merelakan kenikmatan tidur dini hari untuk bangun shalat tahajud.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kebiasaan bangun pagi dan shalat tahajud juga dapat membuat tubuh menjadi lebih kebal pada virus dan penyakit. Tak hanya itu, ada juga manfaat lain bagi penderita kanker, yaitu menghilangkan rasa nyeri yang sering datang melanda. Penelitian terbaru bahkan menemukan bahwa shalat tahajud dapat meningkatkan respon positif yang sanagat efektif dalam anastesi pra bedah.

Shalat yang Paling Afdol Setelah Shalat 5 Waktu

Shalat 5 waktu merupakan kewajiban umat Muslim yang tidak dapat ditawar lagi. Sedangkan shalat tahajud adalah ibadah yang paling afdol untuk dilakukan setelah shalat 5 waktu.

(Visited 324 times, 1 visits today)