10 Amalan yang Dapat Membuka Pintu Surga

1266 views

Dailymoslem – Tidak ada yang tahu siapa yang bisa masuk surga dan siapa yang tidak, kecuali Allah semata. Namun, Allah menciptakan surga dan neraka sebagai ganajaran atas perbuatan manusia selama di dunia.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Mereka berada di atas dipan yang bertahtakan emas dan permata, seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan. Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda, dengan membawa gelas, cerek dan sloki (piala) berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir, mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk, dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan. Dan (di dalam surga itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli, laksana mutiara yang tersimpan baik.” (QS al-Waqi’ah: 15-23)

Setidaknya, kita bisa mengusahakan untuk melakukan berbagai kebaikan di dunia agar mendapat ganjaran surga. Inilah 10 amalan yang dapat membuka pintu surga.

Berdzikir Kepada Allah

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

“Tidaklah seorang manusia mengamalkan satu amalan yang dapat menyelamatkannya dari adzab Allah melainkan dzikir kepada Allah.” (HR ath-Thabrani dengan sanad yang hasan dan al-Allamah Ibnu Baz menjadikannya hujjah dalam kitab Tuhfah al-Akhyaar)

(Baca juga: Lakukan 17 Hal Ini Agar Hidup Selalu Diberkahi Allah)

Meridhai Allah, Islam dan Rasulullah

“Tidaklah seorang hamba muslim mengucapkan pada saat dia memasuki waktu pagi dan memasuki waktu petang: ‘radhiitu billahi rabba, wa bil islaami diina wa bi muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam nabiya (aku ridha Allah sebagai Rabb-ku, Islam sebagai agamaku, dan Muhammad sebagai Nabi-ku)’ sebanyak tiga kali, melainkan merupakan hak bagi Allah untuk meridhainya pada hari kiamat kelak.” (HR Ahmad dan dihasankan oleh al-Allamah Ibnu Baz dalam kitab Tuhfah al-Akhyaar).

Menuntut Ilmu

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

“Barangsiapa yang menahan amarahnya padahal dia mampu untuk melampiaskannya, niscaya Allah akan memanggilnya pada hari kiamat di hadapan para makhluk sampai Allah memilihkan untuknya bidadari-bidadari yang dia suka.” (Dihasankan oleh Imam at-Tirmidzi dan disepakati oleh Syaikh al-Albani).

Membaca Ayat Kursi

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

“Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setiap selesai shalat, maka tidak ada yang dapat menghalanginya untuk masuk surga kecuali jika dia mati.”(HR an-Nasaa’i dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albani).

Menahan Marah

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

“Barangsiapa yang menahan amarahnya padahal dia mampu untuk melampiaskannya, niscaya Allah akan memanggilnya pada hari kiamat di hadapan para makhluk sampai Allah memilihkan untuknya bidadari-bidadari yang dia suka.” (Dihasankan oleh Imam at-Tirmidzi dan disepakati oleh Syaikh al-Albani)

Next: Menyingkirkan Gangguan di Jalan

(Visited 1,235 times, 1 visits today)