Wow, Ini Manfaat Biji Alpukat yang Tak Disangka-sangka!

111 views Leave a comment
Wow, Ini Manfaat Biji Alpukat yang Tak Disangka-sangka!

Dailymoslem – Pada saat memakan buah alpukat, biasanya kita hanya mengambil dagingnya dan membuang bijinya. Padahal, ada banyak manfaat dari buah alpukat untuk kesehatan.

Biji alpukat sebenarnya sudah lama dipakai oleh orang-orang di Meksiko serta suku Indian Amerika sebagai obat tradisional. Sedangkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dabas Det. al., yang diterbitkan oleh Current Pharmaceutical Design (Vol.9), menemukan bahwa biji alpukat memiliki manfaat untuk menyembuhkan hipertensi, peradangan dan juga diabetes.

Selain itu, kandungan serat dalam biji alpukat juga melebihi serat yang dimiliki oatmeal. Biji alpukat juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit jantung, diare, masalah pencernaan, kencing manis, antitumor, sakit gigi karena berlubang dan juga mengusir ketombe.

Kandungan dalam biji alpukat yang sangat berkhasiat itu adalah kandungan fenol dan aktivitas antioksidan yang tinggi. Biji alpukat bisa disantap dalam berbagai bentuk makanan, salah satunya adalah smoothie.

Bagaimana mengolah biji alpukat?

Sebelum diolah, sebaiknya cuci bersih biji alpukat dengan air bersih, kemudian tiriskan. Setelah tiris, iris biji alpukat dan jemur di bawah sinar matahari terik. Pengeringan alami ini dapat membantu mengurangi tumbuhnya jamur. Namun, Anda juga bisa mengeringkannya dengan cara dioven atau disangrai jika kondisi tidak memungkinkan.

Setelah itu, siapkan chopper atau blender untuk menghaluskan biji alpukat. Ayak biji alpukat yang sudah dihaluskan. Taruh bubuk tersebut di tempat yang kering dan tidak mudah dimasuki serangga. Setelah berbentuk bubuk, biji alpukat ini bisa diolah menjagi berbagai makanan, misalnya diolah menjadi smoothie dengan campuran buah lain, agar rasa pahit dari alpukat tidak begitu terasa.

Selain dijadikan bahan makanan, biji alpukat juga bisa dijadikan campuran perawatan kecantikan yaitu untuk melembutkan dan menjaga kesehatan kulit wajah. Cukup campurkan biji alpukat ke pembersih muka, kemudian oleskan ke wajah dan bersihkan dengan kapas.

(Visited 122 times, 1 visits today)