Wow, Ini Dia 13 Manfaat Dari Petai yang Tak Disangka!

73 views Leave a comment
Wow, Ini Dia 13 Manfaat Dari Petai yang Tak Disangka!

Dailymoslem – Sama seperti jengkol, petai juga merupakan makanan yang seringkali dihindari orang karena aromanya yang tidak sedap. Selain merusak aroma mulut, petai juga biasanya memberikan aroma tak sedap pada urin sehingga membuat toilet orang yang mengonsumsi petai jadi berbau tak sedap.

Namun, petai ternyata memiliki banyak manfaat, lho, untuk kesehatan kita. Apa saja, sih, manfaat petai? Yuk, kita intip di bawah ini.

  1. Dibandingkan buah apel, petai memiliki kandungan protein 4 kali lebih banyak, karbohidrat 2 kali lebih banyak, fosfor 3 kali lebih banyak, vitamin A 5 kali lebih banyak, zat besi 2 kali lebih banyak dan vitamin dan mineral yang juga lebih banyak.
  2. Petai merupakan sumber energi yang baik yang mengandung 142 kkal per 100 gram-nya.
  3. Petai juga memiliki kandungan fosfor yang cukup baik, yaitu 115mg per 100 gram.
  4. Terdapat 46 mg vitamin C dalam 100 gram petai yang dapat membantu penyembuhan luka, daya tahan tubuh dan melawan infeksi dan stress.
  5. Petai mengandung tryptophan, yaitu asam amino di dalam tubuh yang menghasilkan serotonin. Serotonin dapat membuat orang merasa rileks, menurunkan stress dan mengendalikan mood.
  6. Petai memiliki kandungan gula alami yang dapat menjadi sumber tenaga instan dengan efek yang besar.
  7. Petai memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan.
  8. Petai dapat mengurangi iritasi pada lambung, melapisi permukaan lambung dan menetralkan asam lambung.
  9. Petai yang dimakan sebagai makanan sehari-hari dapat menurunkan risiko kematian karena stroke hingga 40 persen, dilansir dari riset yang dilakukan oleh  “The New England Journal of Medicine.”
  10. Petai juga dapat mengatasi masalah Premenstrual Syndeome (PMS) yang sangat mengganggu aktivitas.
  11. Petai baik untuk kamu yang memiliki penyakit anemia karena kandungan zat besinya yang cukup tinggi.
  12. Petai memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah berbagai radikal bebas dalam tubuh yang dikarenakan makanan tak sehat atau lingkungan kotor.
  13. Petai memiliki kadar kalium yang tinggi yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengatur detak jantung dan membantu mengirim oksigen ke otak.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari sayuran satu ini.

(Visited 171 times, 1 visits today)