Waspada, Terlalu Lama Duduk Bisa Akibatkan Penuaan Dini

3488 views Leave a comment
Waspada, Terlalu Lama Duduk Bisa Akibatkan Penuaan Dini

Dailymoslem – Kamu yang merupakan karyawan yang sehari-harinya bekerja sambil duduk seharian, sepertinya harus mulai bersemangat untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr Aladdin Shadyab, dari University of California, seseorang yang sehari-harinya menghabiskan waktu selama 8 jam perhari untuk duduk ternyata memiliki risiko penuaan dini yang lebih besar.

Dari 1.481 perempuan berusia lebih dari 64 tahun yang diteliti, Dr Aladdin menemukan bahwa mereka yang duduk lebih dari 8 jam proses penuannya lebih cepat 8 tahun. Studi tersebut menemukan kalau ketidakaktifan menyebabkan telomeres – topi pelindung kecil yang ada pada ujung untaian DNA – jadi lebih pendek.

Telomers sendiri berfungsi sebagai penjaga sel agar tidak cepat menua, sehingga saat telomers tidak aktif maka sel-sel menua lebih cepat dan karena itu lebih rentan terhadap orang-orang dengan penyakit seperti jantung atau diabetes.

Namun tenang, saat tubuh tidak begitu aktif bergerak, telomers tidak seutuhnya hilang. Sehingga dianjurkan untuk aktif bergerak dan berolah raga selepas duduk lama untuk mengaktifkan kembali telomers tersebut.

Baca juga:

Ternyata Olahraga Ringan Ini Mampu Perpanjang Umur Manusia

4 Variasi Olahraga Kardio yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan Lebih Maksimal

4 Alasan Kopi Adalah Minuman yang Tepat Untuk Dikonsumsi Sebelum Olahraga

 

(Visited 1 times, 1 visits today)