Waspada, Pengering Tangan Otomatis Bisa Jadi Media Transfer Kuman dan Virus Berbahaya!

113 views Leave a comment
Waspada, Pengering Tangan Otomatis Bisa Jadi Media Transfer Kuman dan Virus Berbahaya!

Dailymoslem – Mesin pengering tangan otomatis biasanya ditemukan di toilet mall ataupun restoran. Mesin pengering tangan ini digunakan dengan cara menempelkan tangan pada lubang yang tersedia, kemudian angin hangat akan keluar untuk mengeringkan tangan.

Penggunaan mesin pengering ini memang bisa mengurangi sampah tissue. Namun, kita juga perlu berhati-hati karena mesin pengering otomatis ini bisa menjadi media transfer kuman dan virus yang berbahaya. Jangan sampai tangan yang sudah kita cuci bersih dengan tujuan untuk menghilangkan kuman justru kemudian dihinggapi kuman lagi dari mesin pengering otmatis.

Peneliti mikrobiologi, Keith Redway, mengungkapkan mengapa jenis pengering tangan ikut berpengaruh pada kebersihan tangan. Dalam penelitiannya ditemukan bahwa pengering tangan listrik otomatis, seperti warm-air dryer ataupun jet-air dryer dapatmenyebarkan virus.

Peneliti menggunakan virus yang tidak berbahaya disebut MS2 untuk mengetahui bagaimana virus menyebar, kemudian menempel di tangan saat pengering otomatis digunakan. Hasilnya mengejutkan, terdapat virus 190 kali lebih banyak dibanding mengeringkan tangan menggunakan tisu kertas.

Penyebaran virus dapat terjadi secara vertikal maupun horizontal. Dibandingkan dengan pengering biasa, pengering jet atau hembusan angin dapat menyebarkan kontaminasi virus 60 kali lebih banyak, virus bahkan bisa menyebar hingga sejauh 3 meter di dalam ruangan.

Alat pengering tangan listrik otomatis ini dapat mentransmisi bakteri, jamur dan virus ke udara. Sedangkan tisu kertas menghasilkan gerakan udara yang lebih sedikit dibanding alat pengering tangan otomatis, sebagaimana dilansir dari health.kompas.com.

Para ahli menyimpulkan, pengering tangan yang paling higienis adalah menggunakan tisu kertas. Penyediaan tisu kertas di toilet umum dinilai lebih baik dibanding pengering tangan otomatis.

(Visited 143 times, 1 visits today)