Waspada! Angin Duduk Ternyata Tanda Serangan Jantung

1002 views

Dailymoslem– Penyakit jantung merupakan sebab dari 90 persen kasus kematian mendadak. WHO menyebutkan serangan jantung merupakan faktor yang paling besar dalan jumlah angka kematian di dunia. Sekita 17,5 juta jiwa atau 305 orang di dunia meninggal karena serangan jantung atau penyakit jantung lainnya. Para pengidap penyakit jantung biasanya tidak mengetahui sejak dini bahwa ia ternyata memiliki penyakit mematikan. Sebanyak 30 persen serangan jantung yang berakhir dengan kematian tidak memiliki gejala yang signifikan. Sehingga sebutan the silent killer sangat pantas untuk penyakit ini.

Dalam masyarakat Indonesia ada penyakit yang gejalanya hampir mirip dengan penyakit jantung, yaitu angin duduk. Sebenarnya angin duduk sendiri adalah bahasa awan dari serangan jantung. dr Jetty Sedyawan, Sp. JP salah seorang dokter yang tergabung dalam Yayasan Jantung Indonesia mengatakan bahwa “Angin duduk itu adalah bahasa awam yang dirasakan seperti masuk angin berat. Biasanya jika dikerik atau dipijat gejalanya tidak hilang. Sebetulnya itu kena serangan jantung”.

Banyak kasus kematian mendadak yang ternyata setelah diselediki, korban meninggal mengeluh sakit dada dan berkeringat sebelum akhirnya ditemukan tidak bernyawa. Oleh sebab itu jika ada keluhan sakit pada bagian dada yang hebat dan bertahan lama, rasa nyeri yang menyebar hingga melampaui dada ke bahu kiri, lengan, punggung bahkan gigi dan rahang serta napas yang terasa sesak segera hubungi tempat perawatan medis terdekat.

Masyarakat ketika menemui gejala seperti diatas biasanya langsung mengatakan bahwa itu adalah gejala dari masuk angin yang hebat. Sehingga banyak yang mengambil tindakan seperti meminum larutan tolak angin, atau menggosokan balsam dan penghangat lainnya di bagian tubuh yang dirasa sakit. Namun bisa saja dalam beberapa waktu kemudian penderita meninggal dunia. Dari banyaknya kejadian tersebut, ada baiknya kita mengetahui mana gejala masuk angin biasa dan mana gejala angin duduk (serangan jantung).

Gejala serangan jantung pada setiap orang bisa jadi tidak sama, tetapi secara umum tanda untama yang perlu diwaspadai adalah rasa sakit pada bagian dada yang hebat dan menyebar. Serangan jantung juga bisa didahului sederet gejala angin duduk seperti :

  • Dada terasa penuh, dan tidak nyaman
  • Ada nyeri seperti diremas-remas dari dalam dada
  • Saat melakukan aktifitas fisik yang berat, dada terasa nyeri
  • Nyeri yang terasa berlangsung singkat (kira-kira 5 menit atau kurang)
  • Nyeri bisa diredakan dengan obat atau beristirahat
  • Nyeri dada menyebar ke daerah lengan, punggung atau daerah lain

Ada juga yang terjadi secara tiba-tiba tanpa peringatan apapun sebelumnya. Serangan jantung biasanya ditandai dengan hal-hal seperti berikut ini:

  • Dada terasa tidak nyaman. Periodenya cepat datang dan pergi, kadang memakan waktu yang cukup lama.
  • Rasa tidak nyaman pada tubuh bagian atas, seperti leher lengan, punggung dan perut
  • Sesak napas disertai dengan pusing
  • Keluarnya keringat dingin dan mual-mual

Apapun gejala yang dialami, jangan anggap enteng. Segera lah hubungi dokter terdekat. Lakukan lah kebiasaan sehat mulai dari sekarang. Makan makanan sehat yang mengandung omega 3 dan olahraga  yang teratur. Ingat, kesehatan diri anda tidak ditentukan oleh orang lain melainkan diri anda sendiri.

(Visited 386 times, 1 visits today)