Wah, Tiga Bumbu Dapur Ini Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan

133 views Leave a comment
Wah, Tiga Bumbu Dapur Ini Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan

Dailymoslem – Berbagai bumbu dapur biasa digunakan sebagai pelengkap untuk menambah rasa sedap pada makanan, seperti gula, garam, kecap, merica dan masih banyak lagi. Namun, ternyata ada beberapa dari bumbu dapur yang tidak baik untuk kesehatan jika digunakan sebagai pelengkap makanan. Terutama kecap yang seringkali kita tambahkan pada berbagai makanan yang sudah tersaji untuk menambah rasa sedap.

Berikut ini 3 bumbu dapur yang sebaiknya tidak kamu tambahkan pada makananmu yang sudah tersaji.

Kecap

Kecap seringkali digunakan sebagai pelengkap untuk sup, bubur, telur goreng, dan bahkan kerupuk. Kecap merupakan campuran dari gula dan garam. Dalam satu takar kecap (9 gram) terkandung garam yang setara dengan 4% kebutuhan sodium kita dalam sehari. Menambahkan kecap pada makanan yang sudah tinggi lemak seperti telur goreng ajan membuat tubuh kita terlalu banyak menerima asupan garam.

Salad Dressing

Makanan sehat seperti salad juga bahkan bisa menjadi tidak sehat jika kita memilih dressing yang salah, misalnya mayonaise atau bumbu salad yang dijual di pasaran. Dua sendok dari mayonaise atau bumbu salad tersebut biasanya mengandung garam yang setara dengan 25% kebutuhan sodium kita dalam sehari. Dressing salad yang sehat untuk kamu coba adalah olive oil murni.

Kecap Asin

Sesuai namanya, kecap asin memiliki rasa yang asin dan mengandung banyak tambahan garam. Dalam satu sendok makan kecap asin bisa terkandung 900 miligram sodium yang setara denan 37% kebutuhan sodium kita dalam sehari. Selain itu, kecap asin juga biasanya mengandung banyak MSG.

Nah, itulah beberapa bumbu dapur yang ternyata tidak baik bagi kesehatan. Pada dasarnya, bumbu-bumbu tersebut akan menambah asupan garam melebihi yang kita butuhkan dalam sehari. Sebaiknya mengonsumsi berbagai nutrisi tubuh dalam porsi yang secukupnya karena segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik.

Sumber: Kompas Health

(Visited 284 times, 1 visits today)