Wah Ini Dia Perbandingan Kalori Mie dan Nasi

81 views Leave a comment
Wah Ini Dia Perbandingan Kalori Mie dan Nasi

Dailymoslem – Kenikmatan mie instan ketika lapar menghadang di malam hari memang tidak ada tandingannya. Selain nikmat, kelebihan mie instan tentu saja mudah dibuat dan tersedia dalam berbagai rasa. Jadilah panganan pengganti nasi ini menjadi salah satu makanan terfavorit orang Indonesia.

Bahkan ada saja lho, orang yang lebih memilih mie menjadi makanan pokoknya dari pada nasi. Alasannya bermacam-macam, ada yang phobia dengan nasi, ada yang memang merasa lebih nikmat makan dengan mie ada juga yang sengaja menghindari nasi dan memilih mie untuk program diet nya.

Padahal, jika dibandingkan ternyata mie memiliki kalori yang jauh lebih besar dengan nasi dalam porsi yang sama. Seperti dilansir dari alodokter, mie instan dengan berat 70 gram memiliki kalori hingga 3 kali lipat dari pada nasi. Dalam porsi yangs sama, kalori nasi hanya sebesar 91 kalori sedangkan mie mengandung 370 kalori.

Parahnya lagi, biasanya mie disajikan dengan bahan pelengkap lain seperti telur, sosis, kornet bahkan dengan nasi lagi. Hal ini tentu saja menambah kalori menjadi berkali-kali lipat dan akhirnya membuat tubuh mudah mengalami kenaikan berat.

Jika memang ingin memiliki badan yang ideal tentunya asupan makan yang dikonsumsi harus dijaga. Seorang lelaki dewasa setidaknya membutuhkan kalori sekitar 2.200 – 2.400 sedangkan wanita hanya sekitar 1.800 – 2.000.

Terlalu banyak mengkonsumsi mie, tidak hanya berpengaruh pada kenaikan berat badan juga memicu beberapa penyakit berbahaya seperti stroke, jantung, ginjal dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan kandungan sodium dalam mie instan sangatlah tinggi yaitu sebesar 1.080 mg atau sekitar 48% dari kebutuhan sehari.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari terlalu banyak makan mie instan. Meski kenikmatannya sulit tergantikan, namun lebih baik memilih makanan bergizi seperti sayuran atau buah-buahan yang jauh lebih sehat.

(Visited 157 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS