Ubi, Si “Makanan Panjang Umur” dan Segudang Manfaatnya

101 views Leave a comment
Ubi, Si "Makanan Panjang Umur" dan Segudang Manfaatnya

Dailymoslem – Meski sering disebut makanan kampung, ubi ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan, di Jepang ubi memiliki julukan “makanan panjang umur” karena khasiatnya untuk menjaga kesehatan.

Berikut beberapa alasan kenapa ubi harus selalu ada dalam menu sehari-harimu.

  1. Ubi adalah makanan yang mengenyangkan, ubi juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Meski begitu, ubi memiliki tingkat kalori yang rendah dan kandungan serat yang tinggi. Jadi, ubi cocok banget untuk menunda lapar tanpa membuat gemuk, sekaligus melancarkan pencernaan kamu.
  2. Kandungan selulosa dalam ubi memiliki khasiat untuk meningkatkan volume feses dan memperbanyak jumlah ekresi, mempercepat motilitas lambung, juga mempercepat pembuangan zat berbahaya di tubuh yang tersimpan di tubuh, atau dengan kata lain untuk mendetoksifikasi saluran cerna.
  3. Selain rendah kalori dan membantu masalah pencernaan, ubi juga merupakan makanan yang ampuh melawan kanker. Ubi sangat ampuh untuk melarutkan karsinogen. Selain itu, ubi juga dapat menurunkan pH feses dan mencegah pembentukan zat berbahaya bagi tubuh.

Ubi dapat diolah dengan berbagai cara, baik dikukus, dipanggang, maupun digoreng. Namun, jangan harap ubi yang dimasak dengan digoreng masih memiliki kandungan gizi yang sama, karena makanan yang digoreng biasanya akan mengandung lebih banyak lemak dan kalori. Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi ubi yang dimasak dengan cara digoreng jika kamu ingin menghindari kalori.

Ubi juga dapat dikonsumsi sebagai karbohidrat pengganti nasi untuk menurunkan kalori dalam tubuh dan juga menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, sumber karbohidrat kompleks seperti ubi disinyalir merupakan makanan paling sehat di dunia yang dapat membuat kita panjang umur.

Namun, perhatikan kondisi ubi sebelum kamu memakannya. Jika ada titik-titik hitam pada ubi, maka itu berarti ubi sudah berjamur dan tidak layak makan. Nilai gizinyapun sudah jauh berbeda dengan ubi yang masih segar. Ubi juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh kamu yang menderita maag kronis dan ulkus lambung karena kandungan enzim oksidasenya yang dapat menghasilkan gas dan asam di saluran cerna.

(Visited 265 times, 1 visits today)