Tips untuk Hindari Dehidrasi dan Kulit Kering Saat Puasa

467 views
dehidrasi

Dailymoslem – Saat puasa, dehidrasi dan kulit kering menjadi salah satu masalah yang mungkin kita hadapi karena kurangnya konsumsi air selama beraktivitas.

Namun, sebenarnya kurangnya konsumsi air tersebut bisa diatasi saat kita sahur atau buka dengan cara mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air dan banyak mengonsumsi air mineral.

Agar kamu terhindar dari dehidrasi dan kulit kering saat berpuasa, coba lakukan beberapa hal berikut ini saat sahur dan buka puasa.

Konsumsi Air Secukupnya

Dalam satu hari, jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh adalah sebanyak 8 gelas atau 2 liter air. Maka, usahakan untuk mengonsumsi air sebanyak 8 gelas selama buka hingga sahur agar kamu tidak dehidrasi di siang hari.

Konsumsi Buah dan Sayur yang Banyak Mengandung Air

Selain banyak minum air, kamu juga bisa menambah cairan tubuh dengan mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, jeruk atau mungkin sayuran sawi.

(Baca juga: Benarkah Bau Mulut Orang Puasa Sewangi Bunga Kasturi?)

Minum Air Kelapa

Air kelapa juga merupakan salah satu sumber air yang bisa kamu manfaatkan untuk menghindari dehidrasi dan kulit kering saat puasa. Air kelapa mengandung isotonic dan elektrolit yang bisa memulihkan cairan tubuh setelah berolahraga, juga mengandung nutrisi vital seperti vitamin B kompleks, asam amin, vitamin C dan mineral seperti potasion, mangan dan magnesium.

Hindari Kopi dan Minuman Berkafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh akan memicu kita untuk lebih sering buang air kecil dan semakin mengurangi cairan dalam tubuh.

(Baca juga: Hindari Bibir Kering Saat Puasa)

Rajin Gunakan Lotion

Khusus untuk menghindari kulit kering, kamu bisa mengatasinya dengan rajin menggunakan lotion untuk kulit tangan maupun kulit wajah agar kulit tidak cepat kering.

Selamat menunaikan ibadah puasa!

(Visited 313 times, 1 visits today)