Tips Hindari Kenaikan Gula Darah Dan Kolesterol Saat Lebaran

135 views Leave a comment
Tips Hindari Kenaikan Gula Darah Dan Kolesterol Saat Lebaran

Dailymoslem – Momen lebaran sepertinya tak lengkap jika opor ayam, rendang dan sambal goreng kentang tidak tersaji di meja makan. Bahkan, lebih dari itu. Biasanya juga terhidang berbagai jenis makanan manis seperti cookies, puding coklat, wajik, hingga minuman-minuman manis yang menggoda.

Hal inilah salah satu faktor terbesar yang membuat banyak kerabat jatuh sakit setelah momen lebaran. Bagaimana tidak? Setiap kali bersilaturahmi, kita di suguhi makanan-makanan berlemak dan juga manis. Akhirnya tingkat gula darah dan kolesterol meningkat pesat, sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Nah, agar kolesterol tidak meningkat pesat. Berikut ini tips dan trik yang bisa kamu lakukan selama melakukan silaturahmi lebaran.

Ambil porsi kecil

Bayangkan jika setiap berkunjung kita menyantap makanan khas lebaran yang hampir sama, dengan porsi besar. Memang enak sih, tapi akibatnya perutmu akan kekenyangan dan tingkat kolesterolmu akan naik. Ingat, lebaran seharusnya menjadi cerminan keberhasilan pada bulan Ramadan. Jadi kendalikan dirimu ya!

Teknik icip-icip

Sekedar icip-icip saja. Cukup nikmati satu potong nastar atau kacangan-kacangan yang tersedia di atas meja. Jika tergoda dengan rendang. Cukup cicip satu potong saja. Tidak lebih. Minumnya pun cukup air putih saja. Hindari softdrink atau mainuman manis lainnya.

Minum penawar lemak

Meminum satu cangkir teh hijau tanpa gula bisa menjadi salah satu solusi untuk melunturkan lemak-lemak jahat yang telah kita santap. Tapi tetap saja, teh hijau tidak akan mempan jika asupan lemak terlalu banyak. Campuran lemon dan air hangat setelah bangun tidur pun bisa dicoba lho.

Intinya adalah kendalikan diri. Jangan sampai lapar mata sehingga mempengaruhi kesehatan tubuh. Semangat!

Baca juga:

Kenapa Lebaran Identik Dengan Ketupat?

Makanan Unik Di Hari Lebaran Dari Berbagai Daerah

Smoothies Buah Naga Yang Efektif Cegah Kolesterol

(Visited 66 times, 1 visits today)