Tips Aman Berolahraga Saat Puasa

93 views Leave a comment
Tips Aman Berolahraga Saat Puasa

Dailymoslem – Perubahan pola makan dan pola tidur yang terjadi di bulan Ramadan memang membuat kita membutuhkan lebih banyak energi, oleh karena itu banyak yang merasa kesulitan meluangkan energi untuk berolahraga di bulan Ramadan. Padahal, olahraga juga merupakan salah satu kegiatan yang dapat menjadi sumber energi dan membuat tubuh tetap segar.

Olahraga saat sedang puasa bisa dilakukan dengan berbagai penyesuaian, bahkan disarankan. Dr. Alia Basamalah dari National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia mengatakan, olahraga di bulan puasa penting untuk menjaga agar metabolisme tubuh tetap berjalan optimal.

“Metabolisme itu seperti roda berputar. Orang yang enggak biasa olahraga, jalannya metabolisme lebih lambat. Metabolisme berkurang, berat badan akan lebih mudah nambah,” kata Alia, seperti dilansir dari sehatmagz.com.

Selain itu, olahraga saat puasa juga dapat membantu mempertahankan massa otot, level kardio, performa tubuh dan juga menjaga berat badan ideal. Bukan tak mungkin kita justru jadi mengalami kenaikan berat badan saat puasa karena kerap tidur setelah makan.

Tidak berolahraga pada saat puasa justru akan menyebabkan terjadinya perubahan metabolisme tubuh, hingga kekuatan otot.

Pada akhirnya, jika kita sudah terbiasa berolahraga dan meninggalkannya selama bulan Ramadan, kita harus bekerja keras lagi untuk mengembalikan kebiasaan olahraga tersebut.

Mengenai cara olahraganya sendiri, Alia mengatakan semua bisa disesuaikan dengan waktu dan intensitas olahraga, yaitu memilih waktu yang tepat dan juga intensitas olahraga yang tidak terlalu melelahkan.

Ada tiga pilihan waktu untuk aman berolahraga saat puasa, yaitu sesaat sebelum buka puasa, setelah buka puasa tetapi sebelum makan malam, atau setelah makan malam. Sementara untuk intensitas olahraga sendiri disarankan utnuk memilih olahraga ringan selama 20-30 menit. Hindari juga olahraga terlalu berat di bawah sinar terik mataari karena dapat menyebabkan pengeluaran cairan yang berlebihan.

Di samping itu, asupan makanan saat sahur dan berbuka puasa juga harus dijaga agar tetap sehat dan bugar selama puasa. “Tetap menjaga level hidrasi. Saat sahur, minumlah cukup air, protein, lemak baik, dan karbohidrat kompleks yang seimbang,” sarannya.

(Visited 166 times, 1 visits today)