Ternyata Tanpa Disadari Umat Islam Lakukan Yoga 5 Kali Sehari

745 views
shalat

Dailymoslem – Dalam ilmu kesehatan, yoga dinilai sangat baik untuk tubuh manusia. Karena saat berlatih yoga, badan kita mendapatkan gerakan yang mampu menyehatkan. Dengan berlatih yoga, kita dapat menghilangkan stress bahkan depresi, mengendalikan hipertensi dan menyehatkan jantung.

Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya, kita sebagai umat muslim telah terbiasa melakukan yoga setiap hari bahkan sampai lima kali sehari? Dikutip dari mvslim.com inilah gerakan yoga yang sama dengan shalat.

gerakan-salat-dan-yoga-

Dalam shalat, posisi tersebut dilakukan setelah takbiratul ihram. Badan tegap, dengan kedua tangan dilipat didepan dada. Dalam yoga, posisi ini disebut dengan Namaste dan berfungsi untuk melepaskan ketegangan system syaraf sekaligus menyeimabangkan tubuh. Menurut sumber Namaste juga membuat para pelaku yoga untuk membantu mengisi energy positif dalam tubuh.

geraan-salat-dan-yoga

Ruku. Badan membungkuk 90o kemudian tangan menyangga sebagian tubuh kearah lutut. Posisi ini sama dengan ardha uttanasana dalam yoga. Saat ruku, otot di daerah punggung bawah, torso depan, paha dan betis ikut menegang. Kemudian dara dipompa ke tubuh bagian atas.

Posisi ini juga memberikan tekanan pada otot perut, abdomen dan ginjal sehingga memungkinkan bagian-bagian tersebut mendapatkan sedikit latihan untuk membuatnya lebih sehat.

gerakan-salat-dan-yoga

Duduk di anatara dua sujud. Dalam shalat, posisi ini dilakukan di antara dua sujud dalam setiap rakaat. Posisi ini sama dengan varjasa dalam gerakan yoga. Diketahui, posisi ini membantu detoksifikasi dan merangsang gerakan peristaltic dari usus besar. Diyakini gerakan ini juga membantu melancarkan pencernaah karena memaksa isi perut bergerak ke bawah.

gerakan-salat-dan-yoga (1)

Sujud merupakan gerakan menempelkan jidat, telapak tangan, lutut dan jari-jari kaki ke tanah. Dalamshalat posisi ini dinilai sangat penting, karena mewujudkan bahwa kita menyembah Allah dan jasad dan jiwa ini tak berarti apa-apa di hadapan-Nya. Selain itu, sujud ini mengingatkan bahwa kita suatu hari akan menyatu dengan tanah.

Dalam yoga, posisi ini dinamakan balasana. Gunanya adalah untuk merangsang korteks frontal otak. Sekaligus membuat posisi hati lebih tinggi dari otak dan akan meningkatkan aliran darah ke bagian atas tubuh.

Bagi wanita hamil, posisi ini sangat baik untuk janin karena mengurangi tekanan darah tinggi, meningkatkan elastisitas, meredakan stress, kecemasan, pusing dan kelelahan.

Selain itu, saat yoga orang butuh instruksi dengan suara lembut untuk membantunya bermeditasi. Dalam shalat, bacaan yang dilafalkan merupakan sesuatu yang membuat kita fokus dan sekiranya melupakaan sesaat masalah yang sedang kita hadapi.

Lebih dari itu semua, bacaan shalat yang sering kita lafalkan bukan hanya membimbing kita dalam shalat saja tapi juga untuk menjalani hidup.

(Visited 720 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS