Ternyata Kanker Payudara Takut Pada Daun Ini

4091 views

Dailymoslem – Daun katuk yang memiliki nama ilmiah Sauropus Androgynus memang lebih fokus dikembangkan sebagai bahan peningkat produksi ASI dan pendorong laktasi. Tak hanya diolah sebagai sayur mayur, sayuran asli Indonesia ini pun telah di ekstrak dalam kapsul untuk mempermudah ibu menyusui.

Tapi tahukah Anda? Bahwa baru-baru ini seorang wanita bernama  Drh. ‎Fitriya Nur Annisa Dewi, PhD‎. Telah menginvestigasi daun katuk, bahwa ternyata sayur yang menjadi incaran para ibu menyusui ini efektif mampu menurunkan resiko kanker payudara.

Ide awal penelitian katuk sebagai bahan potensial demi pencegahan kanker pada sel epitel kelenjar susu ini adalah karena kandungan kaempferol yang terdapat di dalam sayuran hijau itu. Kaempferol sendiri merupakan flavonol alami yang memiliki kemiripan struktur dengan estrogen (hormon seksual wanita).

Berdasarkan penelitian sebelumnya, kaempferol diketahui mampu bersatu dengan reseptor estrogen serta mendorong efek agonis maupun antagonis dari estrogen. Melalui penemuan epidiomedikal, flavonol juga pernah dibuktikan memiliki keterkaitan dengan penurunan risiko kanker payudara.

Berdasarkan riset-riset sebelumnya yang menjanjikan, peneliti asal Institut Pertanian Bogor (IPB) itu ingin membuktikan secara ilmiah efek ekstrak kaempferol dari katuk secara lebih lanjut. Penelitian difokuskan pada pada sel epital kelenjar susu normal sebagai pencegah kanker payudara, yang merupakan penyakit mematikan terbesar untuk wanita. ‎Proposal ini akan segera ditindaklanjuti sebagai penelitian utuh yang akan dilakukan di IPB.

Nah, jadi bagi yang tidak menyusui pun tetap harus mengkonsumsi daun katuk ya, Anda bisa menumisnya dengan campuran jagung, atau dibuat sayur bening sebagai hidangan santap siang bersama keluarga dirumah.

 

(Visited 16,206 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]