Ternyata Ini Makanan Paling Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan

98 views Leave a comment
Ternyata Ini Makanan Paling Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan

Dailymoslem – Sayuran memang menjadi salah satu pilihan tepat yang harus masuk di menu diet kamu. Selain karena rendah lemak, sayuran juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan membuat tubuh kamu tetap fit dan segar.

Untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, maka jenis sayuran ini tidak boleh kamu lewatkan untuk menjadi salah satu menu diet kamu, yaitu kol.

Dilansir dari jitunews.com, dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK, M.Sc, MS, dokter spesialis gizi klinik dari FKUI mengatakan bahwa kol adalah sayuran yang kaya serat dan rendah kalori sehingga bisa membuat kenyang lebih lama tanpa menyebabkan gemuk. Selain itu, kol juga mengandung kadar indeks glikemik yang rendah yang dapat menjaga stabilitas kadar gula darah.

Berbagai kandungan seperti air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, vitamin A, C, E, tiamin, ribovlavin, nicotinamide, kalsium dan betakaroten terkandung dalam kol. Selain itu, ada juga senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan dan iberin yang dapat merangsang pembentukan glutation, enzim yang bekerja dengan menguraikan dan membuang zat beracun dalam tubuh.

Selai itu, kol juga kaya akan vitamin C dan A sebagai antioksidan, juga kalsium dan kalium yang dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit seperti kulit kusam dan keriput. Tak hanya itu, kol atau kubis juga memiliki kandungan zat aktif suforafan dan histidine yang dapat mencegah kanker kolon dan rectum (dubur), menghambat pertumbuhan tumor, dan sebagai detoksifikasi senyawa kimia berbahaya seperti kobalt, nikel dan tembaga yang berlebihan dalam tubuh juga meningkatkan daya tahan tubuh. Kol juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dengan akndungan asam amino dalam sulfurnya.

Namun, konsumsi kol juga tetap harus dibatasi karena konsumsi berlebihan dapat menyebabkan terbentuknya gas dalam lambung yang tidak baik untuk pernapasan dan membuat perut menjadi kembung. Kol bahkan tidak disarankan bagi Anda yang memiliki gangguan berat pada lambung karena bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Untuk mengatasinya, gabungkan menu kol dengan makanan lain saat mengonsumsi kol.

(Visited 399 times, 1 visits today)