Tak Perlu Ke Dokter Setiap Anak Sakit, Berikut 7 Cara Mengobati Berbagai Penyakit Anak dengan Cara Alami

70 views Leave a comment
Tak Perlu Ke Dokter Setiap Anak Sakit, Berikut 7 Cara Mengobati Berbagai Penyakit Anak dengan Cara Alami

Dailymoslem – Saat anak sakit, tak jarang Bunda menjadi panik dan melakukan segala cara demi kesembuhan si kecil. Tak jarang orangtua yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan perawatan terbaik bagi si kecil.

Padahal, tak semua penyakit si kecil membutuhkan penanganan dari dokter, ada juga beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan mudah secara alami. Apalagi untuk penyakit-penyakit ringan yang menyerang kekebalan tubuh seperti panas, demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, diare ataupun sariawan.

Demam

Untuk meredakan demam pada anak, cukup kompres anak dengan saputangan yang sudah dibasahi dengan air dingin. Selain itu, bisa juga dengan membalur tubuh anak dengan bawang merah dan minumkan madu dan air kelapa pada anak.

Panas

Jika suhu tubuh anak terus meningkat, pertama pantau terus suhu tubuh anak dengan menggunakan termometer. Kompres anak dengan air dingin dan mandikan dengan air hangat. Berikan juga makanan yang mendukung sistem imun dan minum yang banyak agar anak tidak dehidrasi. Berikan juga pijatan lembut pada anak untuk meringankan rasa sakit dan memberikan rasa nyaman.

Pilek dan Hidung Tersumbat

Pilek dan hidung tersmbat seringkali membuat anak rewel karena kenyamanannya terganggu. Untuk mengatasinya, hirup uap air panas yang ditetesi minyak kayu putih. Perhatikan juga kelembaban ruangan agar tetap hangat, matikan AC dan siapkan baskom berisi air panas yang ditetesi minyak kayu putih dan taruh di sudut ruangan.

Batuk

Jika anak batuk-batuk, berikan jeruk nipis dan madu, atau bunga belimbing dan madu, bisa juga dengan kencur yang dihancurkan, diperas dan dicampur madu.

Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya berpengaruh pada nafsu makan anak. Anak jadi susah makan karena susah menelan. Cara mengatasinya, berikan air garam pada anak untuk berkumur. Untuk anak yang belum bisa berkumur, bisa juga dengan memberikan minuman air hangat yang ditetesi jeruk nipis dan madu.

Diare

Pertama, untuk anak yang diare yang diperlukan adalah minum yang sebanyak-banyaknya agar cairan yang terbuang saat diare bisa tergantikan. Untuk mengatasinya, beri anak oralit yang dicampur air, garam dan gula. Bisa juga dengan memberikan air sari daun jambu biji.

Sariawan

Sama seperti sakit tenggorokan, sariawan juga dapat menyebabkan anak menjadi susah makan. Untuk mengatasi sariawan pada anak, gunakan daun saga yang ditumbuk dan ditetesi madu, kemudian tempelkan ke daerah yang sariawan.

(Visited 114 times, 1 visits today)