Tahukah Kamu? Islam Larang Tidur Di Dua Waktu Ini

1312 views

Dailymoslem – Tidur dan mengistirahatkan tubuh memang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk menyeimbangkan kesehatannya. Menurut penelitian National Sleep Foundation (NSF) diketahui bahwa kebutuhan tidur manusia dewasa adalah 7-9 jam perhari,

Dalam islam, masalah tidur saja benar-benar di jelaskan. Karena memang Islam adalah agama yang paling sempurna hingga aturan dalam menjalankan keseharian pun ada aturannya dengan jelas dan memang mengandung kebaikan bagi orang yang mengikutinya.

Ada dua waktu yang sangat dilarang oleh agama untuk tidur. Bukan hanya tidak disukai oleh Allah dan Rasullnya namun tidur di dua waktu tersebut dapat merusak tubuh. Waktu-waktu tersebut adalah:

Tidur Sebelum Shalat Isya

Penjelasan ilmiah mengenai tidur sebelum shalat isya memang belum ada. Namun Rasulullah sangat membencinya karena dikhawatirkan kita akan melewatkan shalat isya karena terlalu lelap tertidur. Rasulullah bersabda:

Bahwasannya Rasulullahu Alaihi wa Sallam membenci tidur malam sebelum (shalat isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Namun, para ulama memberi keringanan dalam masalah ini untuk tidur sebelum isya khusus di bulan Ramadhan.  Abdullah bin Mubarak mengatakan:

Kebanyakan hadist-hadist Nabi melarangnya, sebagian ulama membolehkan tidur sebelum shalat isya khusus di bulan Ramadhan saja.”

Tidur Setelah Shalat Subuh

Melanjutkan tidur dalam waktu ini memang sangat menggoda. Mata yang masih mengantuk seringkali menyuruh kita untuk memejamkannya kembali setelah shalat subuh. Selain itu udara pagi hari yang dingin seperti sengaja membuat kita untuk kembali terlelap dalam balutan selimut hangat.

Namun, tidur kembali setelah shalat tubuh ternyata sangat tidak dianjurkan. Karena waktu terbitnya fajar itu adalah waktu yang sangat berharga sekali. Rasulullah bersabda:

Ya, Allah berkahilah bagi ummatku pagi harinya.” (HR. Abu Dawud)

Pagi hari disebut sebagai awal hari sekaligus kuncinya. Ia merupakan waktu turunnya rizki dan turunnya keberkahan. Bukan hanya rezeki dipatok ayam, tidur setelah subuh pun menyebabkan dampak negative bagi tubuh. seperti masalah metabolisme dan membuat tubuh menjadi lesu dan juga lemas sepanjang hari.

 

 

(Visited 762 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]