Susah Buang Air Besar? Makanan-Makanan Ini Bisa Bantu Lancarkan BAB

857 views Leave a comment
Susah Buang Air Besar? Makanan-Makanan Ini Bisa Bantu Lancarkan BAB

Dailymoslem – Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh mengeluarkan zat sisa makanan melalui feses dan air seni. Hal ini tentu sangat normal bahkan diperlukan oleh manusia. Namun jika mengeluarkan feses secara terus menerus dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Bahkan seseorang bisa saja mengalami lemas yang berlebihan.

Buang air besar secara terus menerus atau disebut dengan diare, diakibatkan oleh bakteri yang sudah mengkontaminasi makanan atau minuman yang dikonsumsi. Meski begitu, ada lho makanan dan minuman yang memang membuat perut terus berkontraksi.

Dalam hal ini, beberapa makanan memang baik untuk mendorong usus agar berkontraksi dan mengeluarkan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Berikut adalah makana-makanan yang dimaksud.

Makanan yang mengandung laktosa

Tubuh yang tidak memliki enzim lactase dapat menyebabkan rasa mulas ketika seseorang mengkonsumsi makanan tau minuman berlaktosa. Contohnya susu atau keju. Hal ini tentunya mengakibatkan produksi gas di usus besar sehingga jika ada air yang masuk dapat menyebabkan kram dan diare.

Makanan pedas

Makanan pedas yang dikonsumsi terlalu banyak akan mengakibatkan masalah pada pencernaan. Kandungan capsaicin dalam cabai merupakan faktor utamanya. Pada dasarnya capsaicin memang baik untuk tubuh namun akan menjadi boomerang ketika dikonsumsi terlalu banyak.

Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini termasuk kedalam makanan yang dapat menyebabkan gas dalam perut. Serat yang ada dalam brokoli pun mendorong pergerakan dalam sistem pencernaan sehingga dapat menimbulkan sakit perut yang kurang wajar. Jadi, konsumsi brokoli sewajarnya saja.

Pisang matang

Buah berwarna kuning ini memang manjur mengobati masalah sulit buag air besar. Serat yang dimiliknya dapat mendorong pergerakan organ pencernaan sehingga feses dikeluarkan lebih mudah. Berbeda dari pisang yang sudah matang, pisang mentah malah akan membuat feses sulit keluar.

Alpukat

Magnesium yang dikandung oleh alpukat mampu membuat otot dan gerakan usus halus menjadi rileks sehingga menari air untuk melunakkan feses. Jadi jika memiliki masalah susah buang air besar, aplukat dapat menjadi solusinya.

Baca juga:

Cara Alami Mengatasi Sakit Punggung dan Kram Perut Saat Haid

Hindari Makanan Ini Jika Sedang Mengalami Perut Kembung, Berbahaya!

Teh Hijau Yang Banyak Manfaatnya Ternyata Menyimpan Bahaya

(Visited 1 times, 1 visits today)