Suka Makan Coklat? Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

892 views

Dailymoslem – Saat kita masih anak-anak, seringkali orangtua melarang kita makan coklat karena akan menyebabkan gigi berlubang. Tapi, hingga dewasa coklat tetap menjadi makanan favorit. Rasanya yang manis membuat siapapun tidak bisa tidak suka coklat. Ternyata, coklat juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, lho!

Antioksidan Tinggi

Coklat memiliki kandungan flavanols yang merupakan antioksidan yang cukup tinggi untuk tubuh. Antioksidan dapat menguatkan sistem imun, menunda penuaan, mencegah penyakit jantung, menyehatkan mata dan menguatkan saraf.

Melawan dan Mencegah Kanker

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa coklat dapat menghambat pembelahan sel kanker dan mengurangi peradangan. Coklat dapat melawan dan menceggah kanker sama baiknya seperti anggur merah, bawang putih, blueberry dan teh.

Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa coklat dapat menurunkan tekanan darah, sehingga baik dikonsumsi anda yang memiliki tekanan darah yang cukup tinggi.

Menunda Penuaan

Mengonsumsi coklat secara teratur dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan mengurangi keriput pada kulit. Penelitian di Belanda yang diikuti 200 pria di atas 20 tahun membuktikan bahwa para pria yang memakan coklat lebih banyak telah menurunkan tingkat keseluruhan penyakit yang dideritanya daripada pria yang makan coklat lebih sedikit atau tidak samasekali. Dalam penelitian tersebut, Jeanne Louise Calment yang memakan dark chocolate sebesar 2,5 pon seminggu dapat hidup hingga usia 122 tahun.

Meredakan Stress

Coklat juga terkenal sebagai makanan yang bisa memperbaiki mood dan meredakan stress. Penelitian yang dilakukan di Universitas California San Diego membuktikan bahwa kebanyakan orang yan mengalami stress, baik stress ringan atau stress berat, dapat menurunkan tingkat depresi mereka setelah makan coklat.

Coklat mengandung molekul psikoaktif yang dapat membuat orang yang mengonsumsinya merasa nyaman. Selain itu, kandungan lain yang dapat memperbaiki mood dalam coklat adalah kafein, theobromine dan methyl-xanthine.

Jadi, tidak perlu lagi takut gemuk atau takut gigi berlubang karena makan coklat, asal memakannya masih dalam jumlah yang wajar, ya!

(Visited 292 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS