Subhanallah, Inilah Manfaat dari Setiap Gerakan Shalat yang Tak Disangka-Sangka

114 views Leave a comment
Subhanallah, Inilah Manfaat dari Setiap Gerakan Shalat yang Tak Disangka-Sangka

Dailymoslem – Maha Besar Allah, segala sesuatu yang telah ditentukan-Nya untuk kita di dunia ini adalah untuk kebaikan kita sendiri. Bahkan untuk shalat lima waktu yang menjadi kewajiban umat Muslim, sebenarnya ada jutaan manfaat luar biasa bagi manusia yang rajin melaksanakannya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat gerakan shalat yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Gerakan Takbiratul Ihram

Pada saat melakukan gerakan takbiratul ihram, kita berdiri tegap dengan mengangkat kedua tangan dan bersedekap di dada. Gerakan ini dapat memperlancar pernapasan dan melatih otot kedua tangan sehingga menjadi lebih kuat dan kencang.

Gerakan Ruku’

Pada saat membungkukkan badan ke depan dan kedua tangan bertumpu pada tumit, kita melatih otot di sekitar punggung dan pantat. Gerakan ini akan memperlancar peredaran darah terutama di tubuh bagian atas. Selain itu, kita juga melatih otot tangan.

Gerakan Sujud

Pada saat melakukan gerakan sujud, kita meletakkan kepala di lantai dan juga menempelkan dahi dan ujung hidung sejajar di lantai. Sebagai tumpuan, kaki dibengkokkan dan telapak tangan menyentuh lantai. Gerakan ini dapat melancarkan peredaran darah ke kepala agar menjadi lebih optimal.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa grakan sujud ini dapat mengoptimalkan fungsi otak manusia secara seimbang, yaitu otak kanan dan otak kiri. Selain itu, pada saat sujud juga otot dari leher hingga kaki akan bereaksi dan berkontraksi, sehingga lebih kuat dan kencang. Bersujud dengan gerakan yang benar dan teratur dan waktu yang cukup lama dapat membaut kita menjadi lebih cerdas dan kreatif.

Gerakan Duduk Di Antara Dua Sujud

Dalam gerakan duduk di antara dua sujud, pantat dan paha bertumpu pada bagian tumit kaki. Gerakan ini dapat melancarkan peredaran darah di tubuh bagian bawah dengan lebih maksimal. Gerakan ini juga dapat mencegah nyeri dan linu pada bagian kaki karena kelelahan.

Gerakan Salam

Bahkan gerakan sesederhana menengokkan kepala ke kanan dan ke kiri pada saat mengucapkan dua salam juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Jika dilakukan dengan benar, gerakan ini akan melatih dan melenturkan otot bagian leher dan melancarkan peredaran darah di bagian tersebut.

(Visited 101 times, 1 visits today)