Sering Merasa Ngantuk Setelah Makan Siang? Coba Lakukan Trik Ini

86 views Leave a comment
Sering Merasa Ngantuk Setelah Makan Siang? Coba Lakukan Trik Ini

Dailymoslem – Usai makan siang, perut yang kenyang biasanya menyisakan kantuk yang tak tertahankan. Alhasil, kita menjadi tidak produktif dan pekerjaan banyak yang tertunda.

Hal ini memang normal terjadi karena kadar glukosa dalam tubuh yang meningkat usai diberi asupan makanan. Namun, hal ini juga bisa dihindari dengan beberapa trik seperti yang dilansir dari lama Reader’s Digest, Senin (18/01) berikut ini.

Jalan-jalan Sebentar Setelah Makan Siang

Aktivitas fisik seperti jalan-jalan atau gerakan-gerakan kecil setelah makan dapat meningkatkan aliran darah, menghasilkan oksigen dan juga menutrisi jaringan otot, sehingga rasa kantuk dapat berkurang. Coba jalan-jalan sebentar di sekitar kantor setelah makan atau pilih naik tangga ketimbang naik lift saat kembali dari kantin ke ruangan jika kantormu berada di gedung tinggi.

Minum Kopi Setelah Makan Siang

Kopi memang salah satu jurus paling ampuh untuk mengusir kantuk. Jika kamu sering merasa ngantuk setelah makan, lebih baik minum kopi setelah makan siangdaripada di pagi hari sebagai sarapan.

Minum Air Putih

Selain kopi, air putih juga bisa menjadi jurus saat mengantuk. Bisa jadi rasa kantuk timbul karena dehidrasi sehingga menimbulkan kelelahan dan rasa kantuk.

Dengarkan Musik Favorit

Mendengarkan musik bisa mengubah mood menjadi lebih baik, apalagi musik favorit yang bisa membuat kamu merasa “terbangun.”

Hindari Makanan Cepat Saji

Konsumsi makanan cepat saji dapat membuat lonjakan gula darah dalam tubuh menjadi lebih cepat, sehingga energi berkurang dan badan mudah lesu. Siapkan bekal makan siang yang banyak mengandung protein seperti daging tanpa lemak, ikan, telur dan karbohidrat kompleks seperti gandum dan kacang-kacangan, dan juga sayuran yang kaya zat besi seperti bayam dan kangkung.

Hindari Makan Terlalu Banyak

Glukosa juga akan lebih cepat naik jika Anda makan terlalu banyak. Selain itu perut akan terasa begah dan tidak nyaman.

Kunyah Permen Karet

Penelitian yang dilakukan di St. Lawrence University menemukan bahwa mengunyah permen karet selama 15 sampai 20 menit dapat membuat tubuh lebih merasa “terbangun.” Penelitian tersebut juga menemukan bahwa anak yang mengunyah permen karet memiliki nilai uji memori dan daya ingat yang lebih baik ketimbang yang tidak mengunyah permen karet.

(Visited 379 times, 1 visits today)