Selalu Nyeri Saat Haid, Normalkah?

171 views Leave a comment
red water

Dailymoslem – Ada istilah yang menyebutkan bahwa wanita bisa menjadi lebih ‘galak’ saat haid. Bagaimana tidak, sebagain besar perempuan saat haid mengalami nyeri dibeberapa bagian tubuh. Nyeri berupa kram dibawah perut kemudian menjalar ke bagian punggung, paha atas hingga betis itu sangat mengganggu.

Memang, nyeri yang dirasakan berebeda-beda pada setiap wanita. Ada yang hanya sebatas nyeri dibagian bawah perut saja dan masih bisa ditahan, ada juga yang disertai dengan demam, pusing, gangguan lambung seperti mual, muntah bahkan kejang.

Nyeri yang mengganggu tersebut, biasanya sudah terasa dari beberapa hari sebelum haid. Puncaknya dihari pertama haid dan berakhir setelah dua atau tiga hari kemudian. Beberapa orang bahkan merasa payudaranya membengkak dan sakit jika disentuh.

Dismenore, bahasa medis yang menerangkan nyeri haid merupakan hal yang normal dialami oleh wanita pada usia subur. Nyeri haid yang dialami adalah manifestasi dari proses mentruasi yang merangsang otot-otot Rahim berkontraksi.

Solusi saat nyeri haid menerjang adalah sebagai berikut:

  • Hangatkan bagian perut bawah. Bisa dengan air panas yang dimasukan kedalam kantong plastik, botol atau karet khusus. Jangan lupa untuk membungkusnya dengan kain sebelum ditempelkan pada perut. Jika ada bantal pemanas, sangat dianjurkan untuk dipakai.
  • Oleskan minyak kayu putih atau yang lain (balsam, telon dll) ke bagian bawah perut hingga punggung, kemudian pijat lembut di bagian pungguh bawah.
  • Banyak minum air hangat
  • Biasanya bagi beberapa orang, gejala nyeri haid akan segera berkurang setelah makan
  • Jangan biarkan sampai berkeringat dingin, hindari AC dan pakailah baju hangat

 

(Visited 207 times, 1 visits today)