Selain Lebih Macho, Pria Berjambang Juga Ternyata Lebih Sehat

532 views Leave a comment
Selain Lebih Macho, Pria Berjambang Juga Ternyata Lebih Sehat

Dailymoslem – Bagi beberapa pria, jenggot atau jambang merupakan salah satu faktor penunjang penampilan. Rambut halus yang tumbuh di sekitar dagu dan rahang ini memang bisa memberi kesan lebih macho pada pemiliknya.

Namun, jenggot atau jambang juga ternyata bukan hanya bisa membuat pria jadi terlihat lebih macho, lho, tapi juga lebih sehat! Berikut ini fakta-faktanya. Apalagi, dalam Islam juga Rasulullah menganjurkan untuk memelihara jenggot.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَحْفُوا الشَّوَارِبَ وَأَعْفُوا اللِّحَى

Potong pendeklah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot.” (HR. Muslim no. 623)

Mencegah Kanker

Para peneliti dari University of Southern Queensland membuktikan bahwa pria berjenggot tebal dapat terlindungi sekitar 90 sampai 95 persen dari kanker pada saat sinar radiasi ultraviolet menerpa wajah.

Membuat Awet Muda

Selain terlindunginya wajah dari paparan sinar matahari, rambut di bagian wajah dan rahang juga dapat menjaga kelembaban kulit wajah sehingga dapat mencegah timbulnya keriput.

Mengurangi Infeksi

Tidak cukur berarti tidak ada rambut yang tumbuh ke dalam, tidak ada infeksi bakteri, dan tidak ada folikulitis (di mana folikel rambut meradang karena bakteri atau jamur).

Terhindar Dari Alergi

Rambut di wajah dapat memiliki fungsi yang sama seperti bulu hidung yang menjadi filter dan mencegah masuknya zat alergi seperti serbuk sari dan debu.

Mencegah Flu

Rambut yang melindungi bagian rahang dan dagu juga dapat menjaga para pria tetap hangat, jadi bisa menghindarkan dari flu. Apalagi, virus dapat berkembang lebih pesat di udara yang lebih dingin.

(Visited 567 times, 1 visits today)