Sayuran Bisa Jadi Lebih Sehat Jika Digoreng, Asal Cara Menggorengnya Begini

110 views Leave a comment
Sayuran Bisa Jadi Lebih Sehat Jika Digoreng, Asal Cara Menggorengnya Begini

Dailymoslem – Selama ini kita mungkin menganggap bahwa makanan yang digoreng sudah pasti tidak sehat. Kandungan minyak yang mengandung lemak tak jenuh dan juga suhu tinggi yang meningkatkan risiko kanker menyebabkan makanan yang digoreng dianggap tak sehat.

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Granada, Spanyol, menemukan bahwa sayuran yang diolah dengan cara digoreng justru bisa membuat sayuran tersebut menjadi lebih sehat dan memiliki nilai nutrisi yang tinggi.

Penelitian tersebut dilakukan dengan cara mempelajari cara memasak sayuran dengan digoreng (deep-frying), direbus di dalam air, dan di rebus dalam campuran air dan minyak untuk mengetahui cara manakah yang paling baik untuk menjaga jumlah antioksidan dalam sayuran.

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa sayuran yang diujicoba menunjukkan bahwa jumlah senyawa phenolic (pelawan penyakit) saat dimasak dengan cara deep frying menggunakan extra-virgin-olive oil. Hal ini terjadi karena sayuran dapat menyerap nutrisi dari minyak zaitun, sekaligus mempertahankan nutrisi yang dimilikinya. Sayuran yang diujicoba di antaranya adalah kentang, tomat, terong dan labu.

Sayuran yang dimasak dengan cara digoreng menggunakan olive oil atau minyak zaitun ini tetap memiliki kandungan lemak dan kalori. Namun, hal tersebut tidak akan berdampak buruk jika konsumsinya tidak berlebihan. Nah, jadi, sayuran bisa menjadi lebih sehat jika dimasak dengan cara digoreng, asalkan digorengnya dengan minyak zaitun murni.

(Visited 81 times, 3 visits today)