Rasulullah Adalah Orang Pertama yang Mendidik Manusia Menjaga Kesehatan Gigi

113 views Leave a comment
Rasulullah Adalah Orang Pertama yang Mendidik Manusia Menjaga Kesehatan Gigi

Dailymoslem – Sebagai umat Muslim, kita tentu sering mendengar anjuran untuk menggunakan siwak dari Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Salam. Siwak berasal dari ranting kayu pohon arak yang hanya tumbuh di daerah Asia Tengah dan Afrika.

Ranting kayu ini dulu digunakan bangsa Arab sebagai wewangian, kemudian jgua digunakan oleh orang-orang Babilonia di zaman kerajaan Yunani, orang Romawi, orang Yahudi, Mesir dan masyarakat kerajaan Islam, seperti dilansir dari halhalal.com.

Seiring dengan datangnya ajaran Islam dari Rasulullah, beliau juga menganjurkan untuk membersihkan gigi dengan menggunakan siwak. Beliaulah yang mengajarkan umat Muslim untuk membersihkan gigi dengan menggunakan siwak. Dengan kata lain, budaya Muslim-lah yang pertama kali memiliki kebiasaan menjaga kesehatan gigi.

Rasulullah SAW bersabda, “Siwak membersihkan gigi, dan ini menyenangkan Allah. Setiap kali Jibril mengunjungiku, dia menyuruhku menggunakan siwak, hingga aku pun khawatir bahwa menggunakan siwak diwajibakan. Seandainya tidak khawatir akan membebani (merepotkan) umatku, aku akan mewajibkannya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Siwak kemudian banyak digunakan di hampir seluruh bagian Timur Tengah, Pakistan, Nepal. India. Afrika higga wilayah Melayu, yaitu Malaysia dan Indonesia. Sebagian besar orang menggunakan siwak karena faktor religi, budaya dan sosial, karena kebiasaan menggunakan siwak tersebut dibawa oleh penyebaran agama dan budaya Islam.

Membersihkan gigi dengan menggunakan siwak juga disinyalir dapat lebih menyehatkan gigi daripada menggunakan pasta gigi biasa, karena siwak mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plak, mencegah gigi berlubang dan menyehatkan gusi.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas King Abdul Aziz telah membuktikan hal ini. Dalam penelitian yang mengambil sampel dari 480 orang dewasa berusia 35-65 tahun tersebut menemukan bahwa masayarakat kota Makkah dan Jeddah yang menggunakan siwak untuk membersihkan gigi lebih sedikit membutuhkan perawatan gigi secara periodik (periodental treatment), seperti dilansir dari Majalah Gontor. Yang artinya, siwak membuat gigi mereka menjadi lebih sehat. Tak heran, banyak ditemukan pasta gigi dengan kandungan butiran siwak di negara-negara Arab ataupun di dunia.

Penggunaan siwak juga bahkan direkomendasikan oleh WHO pada tahun 1986. Berbagai penelitian ilmiah lain melaporkan bahwa ekstrak tanaman siwak pada konsentrasi yang tinggi dapat disandingkan dengan zat disinfektan oral dan klorheksidin glukonat.

(Visited 144 times, 1 visits today)