Pertolongan Pertama Untuk Bayi Tersedak

110 views Leave a comment
Pertolongan Pertama Untuk Bayi Tersedak

Dailymoslem – Tersedak adalah hal yang mungkin terjadi pasa setiap orang, termasuk pada bayi. Kejadiannya memang terlihat sepele namun akibatnya fatal jika tidak ditangani dengan benar, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Saat bayi megalami tersedak, jangan dulu panik dan akhirnya tidak dapat melakukan apapun. Berikan pertolongan segera dengan membaringkan badan bayi di lengan atau paha, pastikan posisi tertelungkup dengan kepala lebih rendah dari badan. Sangga, rahang atau bagian kepala bayi dengan jari agar tidak melorot.

Tepuk pelan punggung bayi, kira-kira antara tulang belikat bayi sebanyak kurang lebih lima kali. Jangan sekali-kali menepuk dibagian tengkuk. Bagian tangan yang diguankan untuk menepuk adalah bagian pangkal telapak tangan, dekat dengan pergelangan.

pertolongan bayi

Kemudian sesegera mungkin hubungi pertolongan medis, sambil terus menangani bayi sampai petugas medis datang.

Bisa juga dengan membaringkan bayi dipermukaan yang rata dan keras, kemudian buka mulut bayi dan lihat apakah ada benda yang terjebak atau tidak. Jika terlihat maka ambil menggunakan jari dengan hati-hati, namun jangan mengkorek mulut bayi dengan tidak melihatnya.

pertolongan bayi 2

Untuk mengeluarkan benda asing yang tidak terlihat, tekan dada bayi ditengah-tengah dua puting sebanyak 30 kali penekanan. Tekan menggunakan dua jari (telunjuk dan jari tengah).

Baca Juga:

Manfaat Finger Food untuk Bayi

Orangtua Tidur Seranjang Dengan Bayi, Amankah?

Sarapan Ibu Hamil Dapat Pengaruhi Kemungkinan Jenis Kelamin Bayi

Wow, Ternyata Bedak Bayi Memiliki Manfaat Seperti Ini

(Visited 296 times, 1 visits today)