Penyebab Memar Tiba-Tiba Di Badan, Mulai Dari Kurang Vitamin Sampai Diabetes

325 views Leave a comment
Penyebab Memar Tiba-Tiba Di Badan, Mulai Dari Kurang Vitamin Sampai Diabetes

Dailymoslem – Pernahkah anda menemukan memar yang tiba-tiba di tubuh anda? Misalnya di bagian tangan, kaki, atau di bagian tubuh lainnya.

Kita tidak ingat jika bagian tubuh tersebut pernah terbentur sesuatu sehingga menyebabkannya memar, namun memar tersebut benar-benar muncul dan terasa sakit seperti habis terbentur. Jika anda pernah merasakannya, maka anda harus berhati-hati karena hal tersebut bisa mengindikasikan berbagai penyakit.

Berikut ini beberapa penyakit yang mungkin anda alami jika anda pernah mengalami gejala memar yang muncul tiba-tiba.

Usia

Penambahan usia bisa membuat kulit dan jaringan di tungkai kaki menjadi lebih tipis dan kurang fleksibel. Hal ini menyebabkan tubuh jadi rentan robek meski hanya cedera ringan, yang biasanya terlihat dari memar.

Olahraga berlebihan

Keinginan untuk punya bentuk tubuh ideal mungkin jadi salah satu penyebab timbulnya memar. Olahraga berlebihan dapat menyebabkan kerusakan di jaringan bawah kulit sehingga membuatnya rentan mengalami pembuluh darah robek dan menimbulkan memar.

Turunnya Kadar Lemak

Lemak merupakan sistem bantalan alami tubuh, sehingga mereka yang mengalami penurunan kadar lemak atau penurunan berat badan yang drastis bisa lebih rentan terkena memar yang muncul tiba-tiba.

Kurang Vitamin dan Mineral

Kekurangan vitamin B12, C, K dan asam folat, pembuluh darah kita juga akan melemah sehingga rentan terkena kerusakan dan terlihat sebagai memar.

Diabetes Melitus

Penyakit diabetes dapat juga menyebabkan gangguan pada sirkulasi darah dan berpengaruh pada kulit yang mudah memar. Selain itu, penderita diabetes juga seringkali menunjukkan hiperpegmentasi yang terlihat melalui memar di kulit.

Penyakit Darah

Timbulnya memar di kulit memang merupakan masalah pembuluh darah, sehingga gejala ini dapat juga merupakan gejala dari beberapa penyakit darah seperti sepsis, trombositopenia, hemofilia, leukemia, penyakit Hodgkin, dan disfungsi trombosit. Kanker darah juga dapat menyebabkan fungsi sel darah memburuk. Hal ini sangat mungkin menyebabkan memar pada kulit.

Jika munculnya memar di kulit dirasa begitu sering ditemukan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar anda segera mendapatkan penanganan yang memang dibutuhkan untuk mengatasinya.

(Visited 424 times, 1 visits today)