Penyakit Yang Biasanya Banyak Menjangkit Setelah Lebaran

368 views
FI sakit

Dailymoslem – Diakui atau tidak, pada momen setelah lebaran seperti saat ini banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan. Antrian dokter setelah Hari Raya Idul Fitri biasanya langsung penuh oleh antrian. Nah berikut ini penyakit-penyakit yang biasanya dikeluhkan oleh banyak orang.

Diare

Penyakit yang gejalanya adalah sering buang air besar dengan konsistensi cair dan disertai dengan mual dan muntah ini banyak dialami oleh sebagian orang setelah lebaran. Penyakit ini diakibatkan oleh bakteri atau virus yang tertelan melalui makanan atau minuman.

Ketika lebaran, banyak anak yang mendapatkan uang THR dari sanak saudaranya. Apabila mereka lepas dari perhatian orang tua, kemungkinan besar mereka membeli jajanan pada penjual yang tidak bertanggung jawab. Alhasil, makanan atau minuman yang dibeli telah terkontaminasi bakteri diare.

Sebaiknya, terus awasi anak agar tidak jajan semabarangan. Lebih baik sediakan makanan dirumah atau bawa anak untuk jajan ditemoat yang sehat.

Sakit Maag

Makanan khas lebaran di Indonesia biasanya tak lepas dari bumbu santan. Seperti opor, rending dan lain sebagainya. Makanan yang mengandung santan dan berbumbu pedas adalah pemicu kambuhnya penyakit maag. Oleh karena itu, bijaksanalah dalam mengkonsumsi makanan setelah lebaran. Kurangi makan yang bersantan, pedas dan minuman bersoda.

Darah Tinggi

Tengkuk terasa kaku, kepala sakit, pusing, penglihatan menjadi kabur, mual bahkan muntah-muntah adalah keluhan yang cukup sering didengar setelah lebaran seperti ini. Biasanya mereka yang mengalami ini adalah orang yang paruh baya.

Kondisi ini dipengaruhi oleh pola istirahat dan pola makan yang biasanya berantakan usai Hari Raya Idul Fitri. Mereka yang biasanya menghindari daging hewan menjadi lebih longgar dari biasanya. Selain itu, yang seharusnya diet garam malah terlena dengan sajian-sajian khas lebaran. Alhasil darah tinggi menjadi tak terkendali.

Selain itu, kurangnya istirahat karena banyak tamu yang datang atau dipenuhi oleh jadwal berkunjung pada sanak saudara pun menjadi salah satu faktor meningkatnya tekanan darah.

Untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut, sebaiknya lebih bijaksanalah dalam mengkonsumsi hidangan makanan. Lebaran memang satu kali dalam satu tahun tapi bagaimana jika ketamakan kita membuat lebaran ini menjadi yang terakhir kalinya. Lebih baik sehat dari pada nikmat sesaat.

 

(Visited 263 times, 2 visits today)