Penelitian Ilmiah Membuktikan Pengaruh Membaca Al-Qur’an Terhadap Kejiwaan Seseorang

949 views
lantern

Dailymoslem – Sebagai seorang muslim, kita memiliki banyak sekali obat penenang saat banyak beban menggelayuti pundak. Mulai dari sholat malam, menggantungkan harapan kepada Allah atau berserah diri, juga membaca Al-Qur’an.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Al-Qadhi di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat bahkan membuktikan pengaruh membaca dan mendengarkan Al-Qur’an, baik yang berbahasa Arab maupun bukan, terhadap kondisi psikologis.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan membaca atau dibacakan Al-Qur’an, seseorang dapat mengalami penurunan depresi dan kesedihan, juga memperoleh ketenangan jiwa sebanyak 97%. Penelitian ini ditunjang dengan alat pendeteksi tekanan darah, detak jantung, ketahanan otot dan ketahanan kulit terhadap aliran listrik.

(Baca juga: Inilah Kenapa dalam Islam Nabi Muhammad Tidak Meninggal untuk Menebus Dosa Umat Muslim)

Selain penelitian yang dilakukan oleh Dr. Al Qadhi, ada juga peneliti lain yang membuktikan pengaruh Al-Qur’an terhadap kondisi jiwa, yaitu penelitian Muhamad Salim yang dipublikasikan oleh Universitas Boston. Penelitian Muhammad Salim ini dilakukan pada 5 objek penelitian yang terdiri dari 3 lelaki dan 2 perempuan yang samasaekali tidak mengerti Bahasa Arab dan tidak mengenal Al-Qur’an.

Muhammad Salim melakukan sebanyak 210 kali penelitian yang dibagi dalam dua sesi, yaitu membacakan Al-Qur’an dan membacakan sebuah narasi Bahasa Arab yang bukan merupakan isi Al-Qur’an.

Hasilnya, responden mendapatkan ketenangan sebanyak 65% saat mendengar bacaan Al-Qur’an dan mendapat ketenangan sebanyak 35% saat mendengarkan narasi Bahasa Arab yang bukan merupakan isi Al-Qur’an.

(Baca juga: Hadapi 10 Ujian Terbesar dalam Hidup dengan 10 Surat Al-Qur’an Ini)

Selain itu, seorang dokter asal Malaysia, Dr. Nurhayati juga mengungkapkan dalam Seminar Konseling dan Psikoterapi Islam di Malaysia tahun 1977 bahwa pembacaan Al-Qur’an juga dapat memberikan ketenangan pada bayi. Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, bayi yang baru berusia dia hari menunjukkan respons tersenyum dan menjadi lebih tenang saat diperdengarkan ayat-ayat Al-Qur’an dari tape recorder.

Subhanallah. Semoga hal ini menjadi acuan bagi kita untuk meluangkan lebih banyak waktu lagi untuk membaca Al-Qur’an agar Allah menganugerahi kita ketenangan hati yang menyejukkan itu. Aamiin.

(Visited 790 times, 1 visits today)