Mitos Tentang Makanan Yang Menyesatkan

782 views

Dailymoslem – Banyak sekali kesalah pahaman yang terjadi terkait makanan-makanan yang dianggap lebih bagus atau lebih buruk untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan tersebut biasanya dipercaya bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan atau juga dipercaya akan lebih menyehatkan tubuh. padahal faktanya malah sebaliknya. Beberapa mitos tentang makanan tersebut antara lain.

Mengonsumsi telur akan tingkatkan risiko kolesterol

Menurut penelitian mengonsumsi telur setiap hari tidak akan terlalu berefek pada kadar kolesterol. Efek yang ditimbulkan juga tidak berhubungan dengan penyakit jantung atau stroke. Telur juga sama sekali tidak memiliki pengaruh pada keadaan kulit. Sebaliknya kandungan protein, vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam telur dapat menyehatkan kulit.

Diet Coke lebih baik dari pada Coke biasa

Banyak orang yang tergiur dengan bubuhan kata “diet” dalam kemasan salah satu varian coke tersebut. padahal pemanis yang digunakannya lebih bahaya dibandingkan dengan coke biasa. Dibandingkan gula biasa, pemanis buatan menimbulkan efek negatif yang lebih parah terhadpa kesehatan. Orang yang mengonsumsi pemanis buatan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena stroke, diabetes dan penyakit berbahaya lainnya.

Orang yang mengonsumsi pemanis buatan juga akan lebih cepat gemuk. Karena tubuhnya kan selalu menagih gula yang sesungguhnya. Sehingga mereka lebih sering memakan makanan yang manis

Jus adalah pembersih detoks

Sebenarnya tubuh tidak memerlukan jus untuk menghilangkan detoks. Tubuh mampu mengeluarkan detoks dengan sendirinya. Ginjal yang terdapat dalam tubuh memiliki mekanisme untuk menyaring dan mengeluarkan racun berbahaya melalui urine dan kotoran.

Dengan adanya fakta ini bukan berarti jus tidak berguna untuk tubuh. Meminum jus buah yang segar dapat memberikan nutrisi pengganti makanan sehingga tubuh dapat mengurangi jumlah karbohidrat, gula dan garam tanpa harus merasa lapar

Raw Food lebih sehat dari makanan olahan

Diet raw food berhipotesa bahwa makanan yang diolah memiliki nutrisi yang jauh lebih rendah dibandingkan makanan yang mentah. Padahal ada beberapa jenis makanan yang jauh lebih bernutrisi jika dipanaskan (diolah). Makanan-makanan tersebut adalah sayur-sayuran seperti tomat, wortel, asparagus dan bayam.

Memasak makanan dengan temperature yang tinggi juga tidak menyebabkan nutrisi dan vitamin hilang. Justru dengan memanaskan makanan tersbut zat-zat anti nutrisi yang terkandung dalam makanan akan hilang sekaligus mempertahankan kada vitamin dan mineral.

Diet redah lemak dapat menyehatkan tubuh

Makanan yang mengandung lemak dipercaya akan menghancurkan proses diet dan menambah berat badan. Oleh karena itu makanan rendah lemak menjadi sangat populer diseluruh penjuru dunia. Padahal faktanya lemak adalah salah satu komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak yang ditakuti tersebut dapat membatu menurunkan berat badan dengan menjaga tubuh untuk tetap kenyang. Selain itu lemak juga bisa membatu untuk menyerap nutrisi dan meningkatkan mood.

Semua makanan yang berasal dari alam adalah baik dan menyehatkan. Asal dikonsumsi dengan porsi yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Segala sesuatu yang berlebihan itu memang merugikan, jadi mulai lah bijak memilih makanan yang akan dikonsumsi.

(Visited 321 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]