Minyak Zaitun dan Bunga Matahari Ternyata Bahaya untuk Kulit Bayi

134 views Leave a comment
Minyak Zaitun dan Bunga Matahari Ternyata Bahaya untuk Kulit Bayi

Dailymoslem – Minyak zaitun memang salah satu bahan kecantikan yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun, ternyata minyak ini tidak baik bahkan bisa berbahaya bagi kulit bayi.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di University of Manchester, Inggris yang menemukan bahwa minyak zaitun dan bunga matahari bisa menyababkan masalah kulit pada bayi, seperti dilansir dari medicalnewstoday.com, Kamis (17/12).

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Acta Dermato-Venereologica ini ditemukan bahwa penggunaan minyak zaitun dan bunga matahari untuk perawatan kulit bayi terkait dengan kenaikan kasus eczema atau eksim pada bayi dalam beberapa dekade terakhir. Pada tahun 1940, tingkat eksim pada anak usia 5 hingga 15 tahun hanya 5 persen. Tapi kini melonjak sekitar 30 persen.

Penyakit eksim biasanya ditandai dengan gejala gatal dan adanya ruam dalam berbagai bentuk, mulai dari kemerahan, bruntus, kulit mengelupas hingga stretch mark.

Tim meneliti 115 bayi baru lahir di Rumah Sakit Manchester Saint Marry dengan mengelompokkan bayi-bayi tesebut ke dalam 3 kelompok, bayi yang memakai minyak zaitun, bayi yang memakai minyak bunga matahari dan bayi yang tidak memakai minyak.

Bayi yang di kelompok minyak zaitun dan minyak bunga matahari diberi beberapa olesan minyak pada kulit dua kali sehari selama 28 hari. Di akhir minggu ke-4, para peneliti memeriksa struktur lamaellae lipid pada kulit bayi-bayi tersebut.

Lamellae lipid berada di stratum korneum, lapisan terluar dari kulit dan memainkan peran penting dalam fungsi penghalang kulit.

(Visited 162 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS