Menurunkan Berat Badan dengan Ngemil Buah Sebelum Makan

98 views Leave a comment
Menurunkan Berat Badan dengan Ngemil Buah Sebelum Makan

Dailymoslem – Camilan buah-buahan memang jurus tepat untuk menurunkan berat badan, karena kandungan nutrisinya yang lengkap dan kalori yang rendah.

Namun, waktu untuk makan buah juga perlu diperhatikan agar diet yang kita lakukan lebih efektif. Menurut Dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSC, SPGK., sebaiknya buah dikonsumsi sebelum makan besar agar perut terasa lebih kenyang dan dapat mengontrol nafsu makan dan mengurangi porsi makan, seperti dilansir dailymoslem.com dari beritagar.com.

Selain untuk mengontrol nafsu makan, kandungan serat yang tinggi dalam buah juga akan membantu proses pencernaan makanan secara keseluruhan. Buah yang dikonsumsi setelah makan tidak akan diserap dengan baik nutrisinya oleh tubuh karena enzim yang berfungsi untuk menyerapnya sudah habis terpakai untuk menyerap makanan pokok.

“Buah akan diserap sempurna apabila dikonsumsi sebelum makan. Buah yang kaya serat juga membuat perut terasa kenyang. Ada baiknya, 30-60 menit sebelum makan mengonsumsi buah terlebih dahulu,” tutur Dr. Fia.

Jika ingin mengonsumsi buah setelah makan pokok, sebaiknya berikan waktu tenggang sekitar 3 jam agar makanan pokok yang sebelumnya dicerna dengan baik terlebih dulu.

Jangan DiamkanĀ Buah yang Sudah Dikupas Terlalu Lama

Dr. Fia juga merekomendasikan untuk langsung mengonsumsi buah yang telah dikupas agar kandungan vitamin dan betakaroten tidak hilang dan bisa langsung dikonsumsi. Vitamin C dan betakaroten mudah teroksidasi jika dibiarkan lama di suhu ruangan setelah dikupas atau dipotong. Begitu juga jika kita menyimpannya di dalam kulkas, jangan membiarkannya terlalu lama.

(Visited 107 times, 1 visits today)