Masih Memelihara Kuku Panjang? Coba Deh Ketahui Hukum Memanjangkan Kuku Menurut Islam

1788 views

Dailymoslem – Memanjangkan kuku adalah sebuah tren fashion yang banyak diikuti oleh wanita. Bahkan sekarang banyak sekali tempat-tempat khusus untuk membantu merawat kuku-kuku panjang para wanita. Bukan hanya dirawat, kuku-kuku tersebut di poles dan diwarnai sedemikian rupa. Tujuannya, ya untuk menyempurnakan kecantikan seorang wanita.

Sebenarnya, apakah dalam Islam memanjangkan kuku itu diperbolehkan? Dalam Islam, ada beberapa hal yang berkaitan dengan kesucian dan harus dilakukan oleh umat muslim. Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda.

Perkara fitrah ada lima: Berkhitan, mencukur bulu kemaluan, menggunting kumis, menggunting kuku dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Selain itu, dalam hadist shahih lainnya dikatakan bahwa perkara fitra ada sepuluh dan salah satunya dalah menggunting kuku. Kuku adalah bagian dari jari yang bisa langsung terkontaminasi oleh bakteri. Apalagi kuku berbentuk cekung dan memungkinkan bakteri atau kotoran lain terselip dalam kuku. Dalam Islam disunnahkan memotong kuku paling lama 40 hari sekali. Diriwayatkan dari Anas bin malik Radhiyallahu Anhu berkata “ Rasulullah Sallallahu Alaihi wa Sallam memberi kami batas waktu untuk menggunting kumis, menggunting kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan, yaitu tidak membiarkannya lebih dari empat puluh hari.” (HR Ahmad, Muslim dan Nasa’i)

Kuku bisa jadi sarang kuman dan penyakit. Selain itu, menggunting kuku juga bisa menjaga kesucian diri. Siapa tau ada najis yang terselip di dalam kuku. Orang yang memanjangkan kuku juga menyerupai orang kafir bahkan hewan-hewan bercakar. Jadi, masih maukah kita memelihara kuku yang terlampau panjang?

(Visited 1,786 times, 1 visits today)