Manfaat Singkong untuk Menyehatkan Jantung dan Menguatkan Tulang

108 views Leave a comment
Manfaat Singkong untuk Menyehatkan Jantung dan Menguatkan Tulang

Dailymoslem – Singkong sering kali dilekatkan dengan image orang miskin atau orang tak punya. Hal ini karena orang harga singkong lebih murah daripada harga beras. Padahal, singkong jauh lebih sehat daripada beras atau nasi yang mengandung banyak gula.

Kalori yang terkandung pada singkong cukup tinggi, yakni 2 kali kalori yang terdapat pada kentang. Dalam 100 gram singkong terdapat 160 kalori sehingga menjadikan tanaman umbi-umbian ini dapat menjadi bahan alternatif pengganti nasi. Bahkan, masih ada beberapa daerah di Indonesia yang masyarakatnya menggunakan singkong sebagai makanan pokok mereka.

(Baca juga: Pola Makan Orang Indonesia Ternyata Merupakan Pola Makan yang Tersehat)

Selain itu, singkong juga memiliki kandungan lemak yang cukup rendah jika dibandingkan dengan sereal dan kacang-kacangan. Namun, kandungan proteinnya cukup tinggi jika dibandingkan dengan umbi-umbian lainnya seperti pisang, kentang maupun ubi.

Selain kandungan lemak yang rendah dan protein yang tinggi, singkong juga kaya akan vitamin K yang dapat membantu pembentukan massa tulang. Dengan kata lain, singkong dapat membantu memerangi penyakit osteoporosis dan membuat tulang menjadi lebih kuat. Selain untuk kekuatan tulang, vitamin K juga dapat menjadi obat alami untuk penyakit Alzheimer karena dapat membatasi perkembangan kerusakan syaraf otak.

Kandungan vitamin lainnya adalah vitamin B kompleks dan B6 yang dapat membantu pembentukan darah, hal ini menjadikan singkong juga baik dikonsumsi mereka yang mengalami anemia. Jika diolah dengan cara direbus, singkong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Singkong yang memiliki banyak serat juga dapat mencegah penyakit kanker usus, membantu mengendalikan penyakit diabetes dan juga mengatasi stroke.

Jadi, tahu kan, kenapa penyakit berbahaya malah banyak menyerang orang kaya? Justru karena makana orang miskin seperti singkong ini jauh lebih sehat daripada makanan orang kaya yang banyak mengandung lemak dan gula. Hidup sehat ternyata bisa kita dapatkan dengan hidup yang sederhana dan tidak serba berlebihan.

(Baca juga: Video Ini Akan Menyadarkan Kamu yang Suka Buang-Buang Makanan)

(Visited 120 times, 1 visits today)