Manfaat Daging Kurban untuk Kesehatan Tubuh

684 views Leave a comment
Manfaat Daging Kurban untuk Kesehatan Tubuh

Dailymoslem – Di musim kurban, seluruh umat muslim, kaya dan miskin, mendapat kesempatan yang sama untuk memakan daging kurban yang kaya akan gizi dan manfaat.

Daging sapi dan kambing yang biasa digunakan sebagai hewan kurban di Indonesia juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut Rosihan Anwar, Sgz, seorang ahli gizi dari Banjarmasin, protein hewani seperti yang terdapat dalam daging kambing dan sapi meripakan protein esensial yang tidak terdapat dalam protein nabati.

Pada tribunnews, Rosihan Anwar juga menjelaskan protein esensial adalah protein yang didapat dari luar untuk memenuhi kebutuhan tubuh, karena protein ini tidak bisa dihasilkan dari dalam tubuh sehingga mutlak harus dihasilkan dari luar. Protein hewani ini memiliki struktur asam amino yang mirip dengan struktur asam amino manusia, namun tidak dapat dibuat oleh tubuh manusia karena susunan asam aminonya relatif lebih lengkap dan seimbang.

Protein sendiri memiliki banyak fungsi penting untuk tubuh manusia, di antaranya adalah untuk pertumbuhan, memperbaiki sel-sel yang rusak, sebagai cadangan energi jika karbohidrat sebagai sumber energi utama tidak mencukupi, menjaga keseimbangan asam basa dara, juga sebagai bahan pembentuk plasma kelenjar, hormon dan enzim.

Selain kaya protein, daging juga kaya akan zat besi yang bisa membantu kita agar terhindar dari anemia. Meski sumber nabati juga banyak yang mengandung zat besi, namun zat besi dalam daging lebih bisa dengan cepat digunakan oleh tubuh.

Kandungan lain dalam daging yang berfungsi untuk kesehatan tubuh adalah zinc atau seng yang dapat membantu mencegah kerusakan pada dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah aterosklerosis.

Selain itu, daging juga mengandung lemak yang dapat berfungsi sebagai energi yang padat bagi tubuh manusia, juga untuk menghemat protein dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Makna Lebih dalam Mengenai Berkurban

Berkurban juga memiliki makna tersembunyi lainnya yang lebih dalam. Selain menyelipkan nilai-nilai untuk berbagai pada saudara sesama Muslim yang kurang mampu dan belum tentu bisa makan daging setiap hari, berkurban juga memberikan pesan bahwa penting bagi tubuh kita untuk mengonsumsi asupan gizi hewani.

Hewan-hewan tertentu sengaja diciptakan oleh Allah agar bisa kita makan dagingnya dan kita ambil manfaatnya. Namun, sebaiknya melakukan caa-cara penyembelihan yang baik dan beradab tanpa menganggap hewan tersebut sebagai objek yang bisa dibunuh sembarangan.

(Visited 887 times, 1 visits today)