Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil untuk Jaga Kesehatan Janin

79 views Leave a comment
Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil untuk Jaga Kesehatan Janin

Dailymoslem – Pada saat sedang hamil, selain mementingkan kesehatan tubuh sendiri, kita juga perlu mementingkan kesehatan tubuh jabang bayi yang membutuhkan nutrisi lengkap untuk pertumbuhan yang sempurna.

Dilansir dari babycenter.com, berikt inilah makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil agar bayi lahir sehat.

Ikan

Ikan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil adalah ikan yang mengandung merkuri tinggi yang merupakan elemen berracun, seperti ikan tuna makerel (tenggiri dan kembung). Ikan ini jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi bisa menjadi racun bagi sistem syaraf, imun dan ginjal.

Namun, Bunda tetap bisa mengonsumsi makanan lainnya seperti salmon, udang atau trout. Konsumsi ikan tersebut disarankan sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu.

Daging Merah

Daging merah atau yang masih mentah seperti yang terdapat dalam steak dengan level memasak rare sampai medium. Daging yang masih mentah ini bisa meningkatkan risiko infeksi akibat beberapa bakteri seperti toxoplasma, e.coli, listeria dan salmonella.

Selain itu, Bunda juga sebaiknya menghindari daging olahan seperti kornet, nugget atau sosis karena mungkin saja terjadi infeksi bakreri dalam proses pembuatan atau penyimpanan. Sebaiknya masak sendiri bahan makanan Anda hingga matang benar.

Telur

Telur yang mentah atau setengah matang mungkin terkontaminiasi bakteri salmonella yang dapat berdampak pada kelahiran prematur. Hati-hati juga saat mengonsumsi telur orak-arik, telur rebus tanpa kulit, saus Hillandaise, saus salad atau es krim produksi rumahan.

Selain itu, Bunda juga harus berhati-hati saat mengonsumsi salad yang dibeli atau dibuat sendiri, terutama jika mengandung bahan-bahan di atas. Pastikan semua makanan telah dimasak hingga matang. Hindari juga makanan di meja prasmanan yang telah tersaji lebih dari dua jam dan terpapar sinar matahari. Satu lagi, selalu cuci semua sayuran yang akan dimasak hingga benar-benar matang, terutama kecambah seperti tauge, kubis atau selada. Pastikan juga Bunda mengupas kulit buah dengan benar-benar bersih saat mengonsumsi buah.

(Visited 189 times, 1 visits today)