Luar Biasa Ternyata Kulit Buah Dan Sayur Memiliki Manfaat Sebanyak Ini

129 views Leave a comment
Luar Biasa Ternyata Kulit Buah Dan Sayur Memiliki Manfaat Sebanyak Ini

Dailymoslem – Buah dan sayur menjadi jenis makanan yang dianggap memiliki kandungan baik untuk tubuh. Apalagi untuk mereka yang ingin mengurangi berat badan , mengkonsumsi buah dan sayur menjadi salah satu solusi  yang bisa dipilih. Selain mengandung banyak vitamin, buah dan sayur juga memiliki serat yang baik untuk pencernaan.

Tidak hanya berasal dari dagingnya lho, manfaat buah dan sayur  pun dapat berasal dari kulitnya. Nah, berikut ini adalah beberapa buah yang kulitnya memiliki manfaat untuk tubuh.

Wortel

Sayuran berwarna oranye ini memang terkenal baik untuk kesehatan mata. Namun ternyata tepat dibawah kulitnya, wortel mengandung polyacetylenes yang disebut-sebut sebagai antijamur, antibakteri, dan memiliki efek anti-inflamasi bahkan dapat membunuh sel kanker.

Anggur

Anggur memiliki kandungan  resveratrol, fitokimia yang sangat baik bagi kesehatan jantung serta otak. Jadi, setelah mencucinya dengan air yang mengalir Anggur bisa langsung dinikmati tanpa harus dikupasi kulitnya terlebih dahulu.

Apel

Banyak sekali orang yang senang mengupas kulit apel sebelum memakannya. Padahal kulit apel mengandung pektin merupakan serat larut yang bisa membantu menstabilkan dan menurunkan LDL kolesterol dan gula darah. Tidak hanya itu, pektin juga mampu memperlambat proses pencernaan, sehingga perut akan kenyang lebih lama dan program diet akan terselamatkan.

Kentang

Salah satu jenis umbi-umbian ini memang seringkali digunakan sebagai pengganti nasi. Kandungan karbohidratnya bahkan dinilai lebih baik bagi para pejuang diet. Ternyata tidak itu saja yang dimiliki kentang, tepat dibawah kulitnya tersimpan antioksidan yang sangat banyak. Oleh karena itu, cobalah untuk mencucinya dengan bersih tanpa mengupas kulitnya.

Terong

Sebuah penelitian di U.S. National Library of Medicine and National Institutes of Health yang dilakukan pada hewan, menunjukkan bahwa kulit terong memiliki kandungan anti oksidan yang dapat menjaga kesehatan otak dalam jangka waktu yang lama.

Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat dari kulit buah dan sayuran tersebut. Namun, demi menghindari isu yang menyebutkan ada kandungan lilin yang digunakan untuk menyelimuti buah dan sayur yang dijual sebaiknya cuci menggunakan air hangat dan juga air yang mengalir sebelum mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Bersihkah Buah Dan Sayur Yang Anda Makan? Coba Cuci Dengan 3 Cara Ini

6 Tips Menyimpan Buah dan Sayuran Di Kulkan Agar Tahan Lama

Ini Dia Rahasia Dibalik Bentuk Buah dan Sayur yang Kaya Manfaat

(Visited 69 times, 1 visits today)